get app
inews
Aa Read Next : Angka Kelaparan Meningkat di Gaza dan Gempuran Rudal ke Markas Para Penghafal Qur’an

Kasus Demam Berdarah Dengue Meningkat di Pidie Jaya, Rumah Dinas Plt Bupati di Fogging

Kamis, 23 November 2023 | 15:18 WIB
header img
Kasus Demam Berdarah Dengue Meningkat di Pidie Jaya, Rumah Dinas Plt Bupati di Fogging.(iNews/ Jamalpangwa).

PIDIE JAYA, iNewsPortalAceh.id - Dengan merebaknya peningkatan angka kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, di tahun 2023 ini. rumah dinas Plt Bupati pun ikut di fogging oleh Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana setempat, Kamis (23/11/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Pidie Jaya, Eddy Aswar, menyebutkan fogging atau pengasapan adalah tindakan pengasapan dengan bahan insektisida yang tujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Kita akui memang di bulan Oktober dan November 2023 ini terjadi peningkatan dratis kasus demam berdarah dengue (DBD) di kabupaten Pidie Jaya, apalagi ini merupakan musim penghujan,"imbuh Eddy Azwar.

Selain melakukan fogging di rumah dinas Plt Bupati Pidie Jaya, Dinas Kesehatan dan KB setempat juga telah melakukan upaya-upaya untuk pencegahan atas merebaknya kasus DBD tersebut.

"Dimana dua hari yang lalu kita telah melakukan edukasi melalui ambulance 'meupep-pep' dimana dinas kesehatan juga mengimbau dan sambilan membagikan bubuk ABATE (obat pembunuh jentik nyamuk) kepada masyarakat," jelasnya.

Menurut Eddy Azwar, kasus demam berdarah dengue mengalami peningkatan yang senifikat di mana pada Agustus hanya memiliki 30 kasus saja, bahkan kini di bulan November 2023 bertambah 30 persen, jadi naik dratis menjadi 67 kasus DBD di Kabupaten Pidie Jaya.

"Alhamdulillah semuanya korban kini sudah kembali kerumahnya masing- masing dalam kondisi sehat,"terang Eddy.

Namun demikian, Kata Eddy Azwar, untuk perkembangan tentang nyamuk demam berdarah dengue (DBD) ini perlu di waspadai karena memang itu Masih terjadi di sebagian besar masyarakat kabupaten Pidie Jaya.

Pantauan media di lokasi rumah dinas Plt Bupati Pidie Jaya seorang petugas dari dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Pidie Jaya mengenakan baju merah lengkap dengan alat melakukan fogging.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut