get app
inews
Aa Read Next : Turnamen Bulutangkis PUPR se-Bersela Aceh Berakhir, Aceh Jaya Raih Juara Utama

Trauma Healing Kunci Rehabilitasi Pasca Bencana Banjir Aceh Selatan

Senin, 04 Desember 2023 | 11:04 WIB
header img
Trauma Healing Kunci Rehabilitasi Pasca Bencana Banjir Aceh Selatan.(iNews/ Ichdar Ifan).

ACEH SELATAN, iNewsPortalAceh.id-Tim Relawan Komunitas Wisata Tuantapa, melakukan Trauma healing serta membawa bantuan makanan dan mainan buat anak anak pengungsi dari Desa Padang Harapan yang berlokasi di Kantor Camat Lama Kecamatan Trumon.

Trauma healing adalah suatu proses pemberian bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu.

Relawan Relawan Wisata Tuantapa mewujudkannya dengan cara memberikan hiburan kepada warga setempat, khususnya anak-anak agar trauma pasca bencana bisa terobati, dan mereka tidak takut lagi untuk beraktivitas secara normal.

Muchsin, selaku ketua umum Komunitas Wisata Tuantapa (Kotatua), mengatakan disela sela mereka turun bersama relawan kemanusiaan wisata tuantapa ke Lokasi Banjir Bandang di Ladang Rimba Trumon Tengah.

Pada sore harinya mereka menyempatkan diri singgah ke lokasi pengungsian untuk melakukan Trauma Healing buat anak anak dilokasi pengungsian.

"Kotatua menghadirkan beberapa relawan dan dua orang guru dari SMA negri Meukek untuk melakukan Trauma Healing sehingga anak anak dipengungsian bisa ceria kembali dan hilang dari rasa takut dan trauma akibat bencana yang melanda desa mereka" Ungkap Muchsin, Minggu (3/12/2023).

Diselasela menghiburkan anak anak ini Liza Elfiana dan Cut Malahayati membagikan mainan dan makanan buat anak anak, sehingga mereka ikut larut dalam kecerian yang dibantu oleh beberapa relawan Kotatua.

Liza Elfiana mengatakan kepada awak media, kegiatan seperti ini adalah sangat baik dilakukan untuk menghilangkan rasa trauma dan takut bagi anak anak pasca bencana yang berada di lokasi pengungsian.

"Hari ini kami bersama relawan kemanusiaan wisata tuantapa turun kelokasi ini, semoga kegiatan yang kita lakukan ini dapat berbagi keceriaan dengan saudara saudara kami dipengungsian ini terutama anak anak yang masih usia sekolah," pungkas Liza yang mengkoordinir kegiatan ini.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut