get app
inews
Aa Read Next : Danrem Lilawangsa Kolonel Ali Imran Jebolan Kopassus Sambangi Ketua MPU Lhokseumawe

Hari Juang Kartika, TNI-AD Tanam 2.900 Pohon Diwilayah Korem 011/LW

Kamis, 14 Desember 2023 | 19:15 WIB
header img
Hari Juang Kartika, TNI-AD Tanam 2.900 Pohon Diwilayah Korem 011/LW.(Dok Ist).

LHOKSEUMAWE, iNewsPortalAceh.id - Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (HJK TNI-AD) Ke-78 Tahun 2023, Korem 011/Lilawangsa melakukan penanaman sebanyak 2.900 berbagai jenis pohon secara serentak di Wilayah jajarannya.

Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan mengatakan, bahwa kegiatan penanaman berbagai jenis pohon yang bermanfaat untuk Alam dan masyarakat tersebut dilakukan secara terpusat di seluruh Indonesia, dalam rangka menyambut Hari Juang TNI-AD saat ini.

"Ada sekitar 2900 jenis pohon yang kita tanam di Sembilan Kodim jajaran Korem 011/Lilawangsa, sementara khusus untuk Kodim 0103/Aceh Utara penanaman pohon dilakukan sebanyak 200 pohon," kata Kolonel Kav Kapti Hertatyawan didampingi Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar, di Waduk Pusong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Kamis (14/12/2023).

Orang nomor satu di Korem 011/LW Akmil 98 itu menuturkan, dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan agenda Karya Bhakti yaitu gotong-royong melakukan pembersihan sampah plastik bersama unsur forkopimda terkait dan masyarakat di sekitar Waduk Pusong Kota Lhokseumawe.

“Selain menanam ribuan jenis pohon serentak, kita juga melakukan kegiatan gotong-royong yakni pembersihan Selokan, Pasar dan pembersihan Fasilitas Umum lainnya dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI-AD ke-78, di satuan Kodim-kodim jajaran Korem 011/Lilawangsa,”

"Saya berharap semua pihak dalam menjaga dan merawat pohon yang sudah ditanam ini, saya juga menghimbau seluruh komponen masyarakat dapat melakukan hal-hal positif seperti penghijauan lanjutan di berbagai tempat, termasuk daerah rawan bencana alam longsor saat hujan, terlebih hasil dari pohon tersebut buahnya dapat dirasakan bersama warga sekitar," tutupnya.

Sebelum melakukan penanaman pohon secara serentak, Danrem 011/Lilawangsa dan Dandim 0103/Aut bersama unsur Forkopimda Kota Lhokseumawe mengikuti videotron dengan satuan jajaran lainnya yang digelar oleh TNI-AD.

“Semua yang kita lakukan harus bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan”

Sementara itu, Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar mengatakan, bahwa yang dilakukan prajurit TNI, khususnya di Kodim 0103/Aceh Utara dan jajaran Korem 011/Lilawangsa harus bisa bermanfaat bagi masyarakat, termasuk kebersihan dan kelestarian lingkungan.

"TNI terus berupaya melakukan yang terbaik, begitu pun saat ini momen menyambut Hari Juang TNI-AD Tahun 2023, prajurit TNI Kodim 0103/Aceh Utara dibantu personel Polsek Banda Sakti, Polairut dan Berimob melakukan gotong royong membersihkan sampah dan jalan di seputaran Waduk Kota Lhokseumawe, dengan harapan kelestarian lingkungan sekitar tetap terawat bersih dan sehat," ujarnya.

“Hari Juang TNI-AD, Danrem 011/LW Pimpin Ziarah Ke Makam Pahlawan Nasional” Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan memimpin ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMP) Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Kamis (14/12/2023), kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Juang TNI-AD Ke-78.

“Ziarah tersebut merupakan rangkaian memperingati Hari Juang TNI-AD yang di peringati setiap tanggal 15 Desember oleh seluruh prajurit TNI, dan hari ini kita Korem 011/LIlawangsa dan Kodim 0103/Aceh Utara melakukan Doa dan Ziarah ke Makam Pahlawan Blang Panyang menyambut Hari Juang TNI-AD Ke-78 Tahun,” kata Danrem.

Kegiatan ziarah diawali dengan penghormatan kepada para arwah Pahlawan dipimpin oleh Danrem 011/Lilawangsa, selaku pimpinan rombongan, dilanjutkan peletakan karangan bunga kehormatan di Tugu Makam Pahlawan, dan diakhiri dengan tabor bunga oleh peserta ziarah di atas pusara makam Pahlawan.

Kegiatan Doa dan Ziarah turut dihadiri antara lain, Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar, Danyon Arhanud 5 /CSBY Mayor Arh Jamal Dani Arifin, para Kasi Rem 011/LW dan Wakil Komandan Satuan Dinas Jawatan Lhokseumawe, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 011 PD IM Ny Maya Hertantyawan, Ketua Persit KCK Cabang XX Dim 0103 Ny Reina Makhyar beserta pengurus Persit Koorcab Rem 011 yang hadir.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut