get app
inews
Aa Read Next : Turnamen Bulutangkis PUPR se-Bersela Aceh Berakhir, Aceh Jaya Raih Juara Utama

Pemkab Aceh Selatan Siapkan Blueprint Bencana Banjir Trumon Raya

Kamis, 21 Desember 2023 | 07:28 WIB
header img
Pemkab Aceh Selatan Siapkan Blueprint Bencana Banjir Trumon Raya.(iNews/ Ichdar Ifan).

ACEH SELATAN, iNewsPortalAceh.id-Pj. Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S. STP., melaksanakan audiensi dengan Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU., yang juga merupakan Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Aceh, untuk memperoleh dukungan dalam rangka menyusun Blueprint atau gambaran rencana teknis pasca bencana banjir bandang di Ladang Rimba, dan banjir kiriman di Trumon Raya.

Pada kesempatan ini, Pj. Bupati Aceh Selatan didampingi oleh Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Willi Cahyadi Darwin, S.Sos., Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Selatan, Masrizal, SE., M.Si., dan Staf Khusus Pj. Bupati Aceh Selatan, T. Mudasir.

Pada pertemuan ini, Pj. Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP., memaparkan kondisi Aceh Selatan yang baru ditimpa musibah banjir, khususnya di wilayah Trumon Raya.

Bentuk bencana yang dialami Aceh Selatan dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu Bencana Banjir Kiriman dengan meluapnya sungai Soraya DAS Alas Singkil, dan Bencana Banjir Bandang di Gampong Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah.

Upaya penanganan banjir ini, perlu dilakukan secara komprehensif dengan menyusun blueprint atau dokumen rencana teknis pasca bencana, yang akan menjadi panduan dalam penanganan selanjutnya sampai ke tahap rehab dan rekon.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU., dan PII Aceh, merespon dengan baik kedatangan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dan menyatakan kesiapan untuk membantu dalam penyusunan Blueprint dimaksud.

Kedatangan Pj. Bupati Aceh Selatan ke Universitas Syiah Kuala merupakan rangkaian dari berbagai upaya yang telah dilakukan dalam percepatan penanganan banjir kepada semua pihak terkait, baik di provinsi maupun pusat.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut