get app
inews
Aa Read Next : Masuknya Pengungsi Rohingya ke Indonesia, Jokowi Ungkap Ada Keterlibatan Jaringan TPPO

Penanganan Etnis Rohingya, MPU Aceh Kirim Surat Terbuka ke Presiden Jokowi

Minggu, 31 Desember 2023 | 11:24 WIB
header img
Keterangan Foto: Kasus Rohingya, Ulama Aceh Kirim Surat Terbuka ke Presiden Jokowi (Foto: iNews/Syukri Syarifuddin)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, TGK Faisal Ali mengirim surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan kasus etnis muslim Rohingya di Provinsi Aceh.

Dalam surat tersebut, TGK Faisal Ali menekankan perlunya penyelesaian yang cepat dan tepat terhadap permasalahan yang telah berlarut-larut di wilayah tersebut.

Surat terbuka tersebut disampaikan oleh TGK Faisal Ali saat mengunjungi pengungsi Rohingya di Basmen Balee Meseraya Aceh pada Sabtu sore.

Pernyataan ini muncul setelah Tgk. Faisal Ali menyaksikan secara langsung berbagai kondisi di lapangan, terutama terkait penolakan sebagian warga Muslim Rohingya di beberapa kabupaten dan kota di Aceh.

Tgk Faisal Ali, yang sebelumnya merupakan pendukung Joko Widodo, menyampaikan permintaan tersebut sebagai bentuk keprihatinan terhadap nasib etnis Rohingya di Aceh.

Hal ini menjadi permintaan pertama dari Ketua MPU Aceh kepada Presiden Joko Widodo, terutama menjelang berakhirnya masa jabatan Presiden.

"Saya minta penyelesaian kasus Rohingya dari pemerintah pusat secepatnya," ucap TGK Faisal Ali, Sabtu (30/12/2023).

"Saya harap bapak (Jokowi) selesaikan kasus ini dan jangan kasih ke pemerintah (daerah) yang di luar tanggung jawab," ucapnya lagi.

Diketahui jika penolakan sebagian warga Muslim Rohingya oleh sejumlah komunitas di wilayah tersebut, serta permasalahan kesehatan para wanita dan anak-anak balita yang membutuhkan perhatian serius.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut