get app
inews
Aa Read Next : Viral dan Unik Seserahan Pengantin Berisi Bahan Sembako, Netizen:Abis Nikah Langsung Buka Warung

Pangeran Mateen Nikah, Apa Saja Seserahan untuk Anisha Rosnah?

Jum'at, 12 Januari 2024 | 22:03 WIB
header img
Keterangan Foto: Pangeran Mateen Nikah Hari Ini (Foto: Borneo Bulletin)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Pangeran Brunei Abdul Mateen akan menikah hari ini (11/1/2023). Prosesi pernikahan akan berlangsung hari ini setelah serangkaian acara yang digelar sejak 7 Januari 2024.

Sebelum menikah, Pangeran Mateen menyerahkan seserahan untuk calon istrinya Anisha Rosnah melalui serangkaian acara upacara.

Upacara melibatkan perwakilan mempelai pria yang memberikan hadiah dan barang kepada pihak mempelai wanita berlangsung di hadapan Yang Mulia Pangeran 'Abdul Malik di Aula Perjamuan Istana Nurul.

Rombongan mempelai pria membawa barang-barang perunggu (nampan upacara), termasuk Surat Mahar – surat yang menyatakan niat pertunangan mempelai pria dengan mempelai wanita kerajaan dan mencantumkan barang-barang yang dibawa sebagai berian (hadiah pertunangan) serta bingkisan satu set baju, sepasang gelang, sepasang anting, dua buah cincin, ceramai, kalakati, dan pisau.

Mereka juga membawa 16 buah lilin (lilin upacara kerajaan) dan hiasan tanda kerajaan seperti sinipit, pedang dan perisai, tombak dan kabok serta panastan.

Pehin Orang Kaya Lela Pahlawan Mayjen (Rtd) Dato Paduka Seri Haji Mohd Jaafar bin Haji Abdul Aziz mewakili ayah mempelai perempuan kerajaan Awang Adam bin Abdullah menyambut kedatangan rombongan mempelai pria kerajaan.

Mengungkapkan rasa terima kasihnya, Yang Amat Mulia Pengiran Sanggamara Diraja Mayjen (Purn) Pengiran Haji Ibnu Basit mengakui dan menerima pertunangan tersebut.

Penghormatan 17 tembakan dilakukan di luar Istana Nurul Iman untuk menandai pertunangan kerajaan.

Yang Mulia Pengiran Sanggamara Diraja Mayor Jenderal (Rtd) Pengiran Haji Ibnu Basit kemudian menginstruksikan Pehin Orang Kaya Lela Pahlawan Mayor Jenderal (Rtd) Dato Paduka Seri Haji Mohd Jaafar mengawal rombongan Awang-Awang yang membawa Tanda Kerajaan dan hadiah lainnya ke Balai Singgahsana Indera Kenchana, Istana Nurul Iman tempat para tamu perempuan menunggu.

Tanda Kerajaan diterima di Balai Singgahsana Indera Kenchana oleh Pehin Jawatan Bini Datin Paduka Dayang Hajah Siti, yang memerintahkan agar bingkisan tersebut dipindahkan ke nampan upacara yang berbeda oleh 16 Dayang-Dayang yang pindah ke aula menggantikan Awang-Awang.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut