get app
inews
Aa Read Next : Viral Kapal Ditumpangi Ratusan Rohingya Terbalik di Tengah Laut Aceh Barat

KIP Aceh Barat Gelar Simulasi Tahapan Pencoblosan Pemilu 2024

Kamis, 01 Februari 2024 | 08:52 WIB
header img
KIP Aceh Barat Gelar Simulasi Tahapan Pencoblosan Pemilu 2024.(iNews/ Afsah).

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.id- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat, melakukan simulasi pemungutan dan perhitungan suara pemilu 2024 di Desa Cot Pluh, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Rabu (31/01/2024).

Dalam proses simulasi pemungutan tersebut Kelompok Kenyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menyediakan empat bilik suara, lima kotak suara dan termasuk daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 150 orang.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, KIP Aceh Barat, Teuku Novian Nukman mengatakan simulasi pemungutan suara tersebut untuk memberikan edukasi sekaligus sosialisasi tentang bagaimana pelaksanaan dan teknis sebelum pelaksanaan pemilu dimulai.

"Simulasi ini yang kedua kali dilakukan agar proses pemungutan suara nantinya bisa berjalan dengan maksimal, dan seluruh komponen yang terlibat juga nantinya benar benar memahami aturan," kata Teuku Novian.

Selain itu, kata Teuku Novian tentunya dalam proses simulasi tersebut jika nantinya ada ditemukan kekurangan teknis maupun disisi penyelenggara dalam hal pemungutan suara sehingga dapat diperbaiki sebelum hari Ha-14 pencoblosan.

"Jika nanti ada ditemukan kekurangan teknis setelah simulasi, nanti kita lakukan evaluasi dan diperbaiki, semua tahapan dilakukan dalam simulasi termasuk mengaplikasikan surat suara," ungkapnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut