get app
inews
Aa Read Next : Lanjutkan Program Kasad, Danrem Lilawangsa Bangun 40 Titik Sarana Air Bersih Ponpes-Dayah

337 Calhaj Aceh Utara di Berangkatkan ke Tanah Suci, Dilepas Pj Sekda di Asrama Haji

Jum'at, 31 Mei 2024 | 14:26 WIB
header img
337 Calhaj Aceh Utara di Berangkatkan ke Tanah Suci, Dilepas Pj Sekda di Asrama Haji.(Dok Rajali).

ACEH UTARA, iNewsPortalAceh.id- Sebanyak 337 jamaah Calon Haji (Calhaj) asal Kabupaten Aceh Utara malam ini berangkat menuju Tanah Suci Mekkah Al-Mukarramah, Jumat, 31 Mei 2024.

Mereka bertolak ke Tanah Suci setelah dilakukan prosesi pemberangkatan di Asrama Haji embarkasi Banda Aceh tadi pagi, dilakukan oleh Penjabat Bupati Aceh Utara diwakili oleh Pj. Sekda Dayan Albar, SSos, MAP. Juga turut hadir Plt Asisten I Dr Fauzan, SSTP, MPA, Plt Kepala Dinas Syariat Islam Hadaini, SSos, Kasat Pol PP Dan WH Adharyadi, SSos, Kepala Kanwil Kemenag Aceh Drs H Azhari, Kepala UPT Asrama Haji Banda Aceh Drs H Ali Imran, Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara Drs H Maiyusri, Kabag Umum Setdakab Musnadi, SE, MAP, Kabag Kesra Dan Keistimewaan Aceh M Dahlan, SE, Dan Kabag Humas Muslem Araly, SSos, MM.

Para Calhaj tersebut sebelumnya tiba di asrama haji Banda Aceh pada Kamis malam, 30 Mei 2024. Mereka berasal dari 17 kecamatan, diberangkatkan menuju Banda Aceh dengan bus dari 11 titik lokasi di Aceh Utara.

Yakin dari Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, Masjid Raya Pase Pantonlabu, Masjid Baitul Mukhlisin Sampoiniet, Masjid Baiturrahman Alue ie Puteh, Masjid Abu Keumala Seunuddon.

Selanjutnya dari Masjid Alkhalifah Ibrahim Matangkuli, Masjid Mideuen Syuhada Bayu, Masjid Annur Blang Jruen, Masjid Jamik Taqwa Keude Karieng, Masjid Malikussaleh Geudong Dan dari Masjid Murtadha Simpang Mulieng.

Mereka akan berangkat meunuju Tanah Suci pada Jumat malam, 31 Mei 2024, pukul 19.45, dengan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GIA- 2103, dan direncanakan mendarat di Jeddah pada pukul 23.40.

Jumlah Calhaj dalam Kloter 3 sebanyak 388 orang (gabungan Calhaj Aceh Utara dan Kota Banda Aceh), ditambah 5 orang petugas Kloter, sehingga total berjumlah 393 orang.

Setelah nantinya ibadah haji, mereka akan kembali ke Tanah Air pada 12 Juli 2024 dengan pesawat Garuda nomor penerbangan GIA-2203.

Pj Sekda Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP, dalam sambutannya di Asrama Haji embarkasi Banda Aceh antara lain meminta para Calhaj untuk tetap disiplin dan taat terhadap arahan serta petunjuk yang diberikan oleh Ketua Kloter, Ketua Regu maupun pembimbing haji.

"Juga agar menjaga kesehatan dengan baik, pergunakan waktu istirahat, sehingga saat melakukan ibadah akan dapat dilaksanakan dengan nyaman dan kusyuk," harap Dayan.

Pada kesempatan itu, atas nama Pemkab Aceh Utara Dayan juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Ditjen Haji Kementerian Agama, Kemenag Aceh Utara, dan seluruh personel yang telah terlibat langsung atau tidak langsung dalam pelayanan ibadah haji tahun ini.

Sebelumnya, Pemkab Aceh Utara melakukan peusijuek untuk 556 orang jamaah Calhaj yang akan menunaikan ibadah haji tahun 1445 H.

Prosesi peusijuek berlangsung di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, Rabu, 22 Mei 2024 lalu.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut