get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Penyimpangan Dana ZIS, Empat Tersangka Ditahan di Rutan Takengon

Sanggar Empus Kopi Meriahkan Festival Panen Kopi 2024 di Aceh Tengah

Selasa, 16 Juli 2024 | 19:39 WIB
header img

TAKENGON, iNewsPortalAceh.id– Sanggar seni Empus Kupi turut serta dalam memeriahkan perayaan Festival Panen Kopi yang diadakan di Desa Kelitu, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, (16/7/2024).

Sanggar seni Empus Kupi, yang berasal dari Desa Belang Gele, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Desa ini telah dinobatkan sebagai salah satu desa yang menjadi titik lokasi penyelenggaraan festival yang sudah digelar sejak 2017.

Festival Panen Kopi Gayo 2024 ini akan berlangsung di empat lokasi: Desa Kelitu pada 13-14 Juli 2024, Desa Bukit Sama pada 20-21 Juli 2024, Desa Belang Gele pada 27-28 Juli 2024, dan Desa Delung Tue di Kabupaten Bener Meriah pada 10-11 Agustus 2024.

Penampilan apik musikalisasi puisi yang ditampilkan oleh Sanggar Seni Empus Kupi membuat sorak-sorai penonton menggelegar saat mendengarkan bait puisi yang diiringi dengan alat musik tradisional dataran tinggi Tanoh Gayo.

Salah satu penonton, Iwan Ramadan, mengungkapkan rasa kagumnya saat menyaksikan pertunjukan itu.

Ia mengatakan bahwa hal tersebut menambah rasa bangganya terhadap daerah penghasil kopi tersebut.

“Iya, saya merasa merinding. Saya dan keluarga sudah tiap tahun mengikuti Festival Panen Kopi ini. Ini menambah rasa bangga saya sebagai petani kopi dan terhadap daerah saya ini,” ungkapnya dengan haru.

Salah satu anggota dari Sanggar Seni Empus Kupi, Fitra Sulistia, juga mengungkapkan alasannya dalam menampilkan musikalisasi puisi.

Ia mengatakan bahwa ini adalah pertunjukan terbaik yang bisa mereka tampilkan.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut