get app
inews
Aa Read Next : Pertunjukan Drama 17 Agustus 2024, HUT ke 79 RI Kolosal Laksamana Keumala Hayati di Tampilkan

Bangkitkan Minat UMKM AMANAH Gelar Seminar Bersama Mahasiswa UIN Ar-Raniry

Rabu, 31 Juli 2024 | 05:36 WIB
header img

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Ar-Raniry bersama dengan AMANAH (Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat) melaksanakan seminar pada Selasa, 30 Juli 2024 di Ruang Museum Teater UIN Ar-Raniry.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Prof. Dr. Saifullah, S.Ag., M.Ag., dan dihadiri narasumber lainnya yaitu Aswar, S.Hut, MAP (Kabidwas Diskopukm Aceh), Dr. T. Murdani, S.Ag., M.Intl.Dev (Akademisi UINAR), Zubaidah Azwan, S.E., M.M. (Praktisi UMKM) dan Khairul Riza, S.Pd. (Konsultan Bisnis).

Presiden BEM UIN Ar-Raniry, Irfan, mengatakan bahwa seminar UMKM sangat dibutuhkan saat ini, mengingat mayoritas penduduk Indonesia dan Provinsi Aceh saat ini merupakan generasi milenial.

Sebagai penerus roda kehidupan di kemudian hari, "Diperlukan peningkatan kapasitas bagi generasi milenial guna menyongsong masa mereka menjadi penggerak ekonomi wilayah maupun cakupan yang lebih luas.Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat menjadi stimulan terhadap tingkat pertumbuhan pelaku UMKM di kalangan muda, terutama generasi milenial dan generasi Z,"ujar Irfan, Selasa (30/7/2024).

Sementara itu Prof. Dr. Saifullah, S.Ag. M.Ag. dalam kata sambutan nya pada pembukaan kegiatan ini mengatakan, Diperlukan pola pikir vertikal untuk mengentaskan kebiasaan masyarakat, terutama mahasiswa, yang berharap untuk segera menyelesaikan studinya dan akan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang studi yang dipelajarinya.

Padahal dalam prakteknya, hal yang linier semacam itu justru tidak selalu terjadi.Bahkan banyak pihak yang memiliki pekerjaan di luar bidangnya.

Aswar, S.Hut, MAP dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Aceh, yang Hadir Sebagai narasumber dalam acara ini mengatakan, bahwa Keberadaan AMANAH diharapkan dapat menjadi stimulan yang harus dimanfaatkan oleh para pemuda untuk segera terjun ke dunia wirausaha, dikarenakan ia menilai hal itu yang dapat menjadi jawaban atas angka kemiskinan yang terus tumbuh di Provinsi Aceh.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut