Hilal Tak Terlihat di Aceh Tertutup Awan, 1 Syawal Idul Fitri 1444 H Jatuh Sabtu, 22 April 2023

JamalPangwa
Hilal Tak Terlihat di Aceh Tertutup Awan, 1 Syawal Idul Fitri 1444 H Jatuh Sabtu, 22 April 2023.(Dok Ist).

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. Keputusan tersebut didapat setelah dilakukan sidang isbat penetapan 1 Syawal 1444 Hijriyah di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jakarta, pada Kamis (20/4/2023).

Dan isbat ini didasarkan pemantauan dari 123 titik pengamatan hilal se-indonesia, yang digelar bertepatan dengan 29 Ramadhan 1444 H.

Sidang isbat dilaksanakan secara tertutup, dan diikuti Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Sedangkan di Provinsi Aceh, hilal tidak terlihat karena tertutupi awan dengan kondisi cuaca yang mendung sejak mulai asar.

Sementara itu Plt Kakanwil Kemenag Aceh, Ahmad Yani ikut memantau hilal 1 syawal di Gedung Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kanwil Kemenag Aceh, di Lhoknga Aceh Besar.

"Setelah pengamatan bersama tim di Aceh, hilal tak terlihat dan laporannya kita kirimkan ke Menteri Agama di Jakarta. Hasilnya setelah rekapan seluruh Indonesia, pemerintah menetapkan 1 syawal jatuh pada Sabtu, 22 April 2023," kata A Yani seperti di kutip dari akun resmi kemenag Aceh.

Meski adanya perbedaan penetapan 1 syawal, Ahmad Yani mengharapkan agar umat Islam bisa lebih bijak dalam menyikapi kemungkinan adanya perbedaan Lebaran Idul Fitri Tahun ini.

“Mari kita saling menghormati dan menghargai perbedaan terkait 1 Syawal 1444 H, karena yang paling utama adalah bagaimana kita selaku umat Islam bisa mengejawantahkan nilai-nilai Ramadhan dalam kehidupan sehari hari, salah satunya dengan bijak menyikapi perbedaan, sebab Perbedaan itu adalah Rahmat, jangan lantas perbedaan tersebut dijadikan pertentangan," katanya.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network