Meriahkan HUT Dekranas Ke 44, Pemkab Pidie Jaya 'Boyong' Masjid At Taqarrub Trienggadeng Ke Solo

Jamalpangwa
Meriahkan HUT Dekranas Ke 44, Disperindagkop Pidie Jaya 'Boyong' Masjid At Taqarrub Trienggadeg Ke Solo.(iNews / Jamalpangwa).

SOLO, iNewsPortalAceh.id - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) mengelar parade mobil hias, Kriya, dan Budaya dari stadion Sriwedari sampai balai Kota Solo pada Rabu (15/05/2024).Para peserta memadati jalan Slamet Riyadi.

Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas Endang Budi Karya menjelaskan semua pengurus Dekranasda provinsi antusias mengikuti parade dengan mendaftar kepada panitia HUT ke-44 Dekranas.

Di perkirakan ada sekitar 101 kendaraan mobil hias dari masing-masing Dekranasda kota/kabupaten/provinsi yang akan berpartisipasi dengan menghias sesuai potensi daerahnya, Nanti ada penjurian, piala Ibu Negara,” ungkapnya.

Dia mengatakan parade itu akan menempuh jarak 2,3 kilometer yang dimulai pukul 14.00 WIB sampai selesai. Defile berupa peserta dengan mengenakan busana adat sekitar 2.000 orang.

Kegiatan itu diikuti mobil peserta lomba, para pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari berbagai daerah.

Sementara itu Kepala Dinas Perindagkop Pidie Jaya, Rizal Fikar, kepada awak media menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya juga ikut memeriahkan acara tersebut dengan mengikut beberapa event sebagai bentuk partisipasi.

"Kita juga ikut seperti mobil hias dengan tema nya miniatur masjid at taqarrub Trienggadeng, kenapa kita boyong miniatur masjid at taqarrub, kita itu sebagai bentuk ucapan terima kasih untuk pak presiden Jokowi, dimana beliau telah membangunkan dan peduli kepada rakyat Pidie Jaya saat terjadi gempa Pidie Jaya, solo kan tempat kelahiran beliau, makanya kita nampakkan kepada beliau,"imbuh Rizal Fikar.

Selain itu kata dia, juga adanya exspo pameran yang di laksanakan di solo dalam peringati HUT ke 44 dekranas tahun 2024 ini.

"Kita juga selain ikut pawai mobil hias masjid at taqarrub, juga kita pamerkan ada nya juga komoniti unggulan yaitu kakao atau coklat, serta anyaman tikar khas daerah kita Pidie Jaya, acara itu akan berlangsung dari tanggal 14 Mei sampai 18 Mei 2024," terang Rizal Fikar.

Rizal Fikar menyebutkan bahwa pembukaan hut ke 44 dewan kerajinan nasional (dekranas) oleh ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) di Hotel Alila, Kota Solo.

Iriana sebagai pembina Dekranas. Iriana pun membuka acara tersebut dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada pengurus Dekranas Pusat.

Editor : Jamaluddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network