Gandeng Sejumlah Stakeholder, PT Nafasindo Gelar Pelatihan Kepada Petani Sawit

Suparman Munthe

ACEH SINGKIL, iNewsPortalAceh.id- PT Nafasindo Kabupaten Aceh Singkil menggelar pelatihan Peningkatan Kapasitas Petani Sawit Sesuai Standar Paktik Berkebun yang Baik (Good Agriculture Parctice atau GAP), Sabtu (13/7/2024).

Dalam pelatihan ini, PT Nafasindo menggandeng sejumlah stakeholder lain, seperti Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (Aspekpir) Kabupaten Aceh Singkil dan Dinas Perkebunan Kabupaten Aceh singkil.

Kegiatan itu dibuka oleh Senior Manager PT. Nafasindo Regional Aceh Singkil, Iskandar, MM dan juga sambutan oleh Ketua DPD Aspekpir Aceh Singkil, Ridwan.

Senior Manager PT Nafasindo Aceh Singkil, Iskandar, berharap pelatihan ini dapat menambah wawasan dan kapasitas petani dalam budidaya kelapa sawit sesuai standar yang baik dan berkelanjutan dalam rangka persiapan sertifikasi ISPO bagi Petani Kemitraan PT. Nafasindo.

"Dimana Indonesian Sustainable Palm Oil atau ISPO bagi petani merupakan mandatori dan tantangan sawit ke depan untuk mewujudkan petani sawit yang lebih sejahtera," kata Iskandar.

Namun, tambahnya, tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan agar sawit tetap dapat diterima di pasar global.

Kegiatan pelatihan ini diisi oleh sejumlah narsumber, praktisi Perkebunan yaitu Yusfarizal, SP, Mardiansyah, SP dan juga Wardoyo.

"Sejumlah materi pelatihan yang disampaikan antara lain, percepatan Surat Tanda Daftar Budi Daya (STDB) Petani Kelapa Sawit, kemudian dilanjut dengan materi peluang dan tantangan implementasi ISPO serta materi Praktik Berkebun yang Baik (Good Agriculture Practice) yang dilakukan dengan praktik langsung perawatan dan pemupukan di lapangan," jelas Iskandar.

Bukan hanya itu, lanjutnya, di sela-sela kegiatan pelatihan, juga dilakukan serah terima STDB untuk Petani Peserta Pelatihan.

Editor : Jamaluddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network