get app
inews
Aa Read Next : Amankan Rapat Pleno Rekapitulasi Suara di Kabupaten Pidie Jaya, Ratusan Polisi Disiagakan

Jaga Ternak dari Wabah PMK, Gampong Cot Makaso Bangun Kandang Pengemukan Sapi Berkapasitas 28 Ekor

Minggu, 19 Juni 2022 | 13:20 WIB
header img
Jaga Kesehatan Ternak dari Wabah PMK, Gampong Cot Makaso Bangun Kandang Pengemukan Sapi Berkapasitas 28 Ekor. (Foto : Jamalpangwa-iNews TV)

PIDIE JAYA, iNews.id - Untuk memberdayakan ekonomi masyarakat Gampong Cot Makaso, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, membangun kandang ternak di lahan satu hektar lebih dengan dana APBG tahun 2022.

Sofyan Insya, Keuchik Gampong Cot Makaso, menyatakan pihak pemerintah Gampong menganggarkan dana Gampong tahun 2022 ini berjumlah sekitar Rp120 juta rupiah untuk membangun kandang Pengemukan ternak sapi berkapasitas 28 Ekor sapi.

"Pembangunan kandang sapi berkapasitas 28 ekor, dengan ukuran kandang 28x8 meter dari anggaran pemberdayaan masyarakat Gampong, di tambah dengan anggaran operasional covid untuk penimbunan lahan ini," sebut Keuchik Sofyan, Minggu (19/06/2022).

Sofyan menyebutkan bahwa membangun kandang ternak berkapasitas 28 ekor ini dengan target untuk menjaga kebersihan kandang ternak sapi di tengah kondisi merebaknya virus penyakit mulut dan kuku selama ini.

"Yang pertama ini kandang kita bangun dengan kondisi untuk menjaga kebersihan kandang agar terhindar dari wabah PMK yang sangat meresahkan selama ini, selain itu juga ingin terus mengembangkan program BUMG yang memiliki 11 ekor sapi," ungkap Sofyan.

Menurut dia, Gampong Cot Makaso merupakan salah satu Gampong kawasan warganya banyak memiliki dan memelihara ternak sapi, maka dengan program ini rencana untuk meningkatkan perekonomian warga.

"Ini kita bangun pertahap rencananya, maka itu kita juga butuh dukungan dari pihak pemerintah daerah maupun pusat, agar program ini bisa berjalan lancar kedepan, supaya masyarakat bisa meningkat pendapatannya," pinta Sofyan.

Bahwa dasar lahan yang di jadikan kandang ternak tersebut merupakan lahan hutan belantara, kemudian di bersihkan dengan mengunakan alat berat milik pemerintah dengan biaya hanya membayar BBM dan biaya makan operator alat berat saja.

Selain itu kata Sofyan, bahwa sebelum nya Gampong yang di pimpinnya juga memiliki peternakan dari dana BUMDes tahun 2019, jadi untuk menjaga lingkungan agar bersih maka semua kandeng rencana akan di satukan di lokasinya kandang ternak, di kawasan Gle Blang Paya, Dusun Singah Mata, Desa Cot Makasoe, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya, Aceh.

Keuchik Sofyan berharap perhatian pemerintah agar memberikan bantuan dana untuk bisa meningkatkan pembangunan di Gampong Cot Makaso tersebut.

"Dengan ada nya dana BUMDES selama ini banyak masyarakat sudah berkembang seperti para kaum perempuan sudah jadi penjahit pakaian, pembuat kue, pembuat beronjong, dan pelihara ternak ayam petelur, karena di sini masyarakat pekerjaan nya rata -rata menjadi petani kebun, sawah serta peternak," terang Sofyan.

Dengan adanya dana BUMDES ekonomi mereka pun meningkat dratis, lahan pembangunan Kandang ternak pengemukan sapi kali ini memiliki luas sekitar satu hektar lebih merupakan hasil swadaya masyarakat setempat.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut