get app
inews
Aa Read Next : Amerika Serikat Berlakukan Larangan Visa bagi Yahudi Ekstremis Israel yang Tindas Rakyat Palestina

Ketua DPR AS Diisukan Mampir ke Taiwan dalam Tur Asia Pekan Ini, Begini Ancaman China

Senin, 01 Agustus 2022 | 21:29 WIB
header img
Nancy Pelosi memulai tur Asia pada 1 Agustus, namun Taiwan tak masuk dalam daftar kunjungan (Foto: Reuters)

SINGAPURA, iNews.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi memulai tur Asia, Senin (1/8/2022), namun Taiwan tak termasuk dalam daftar negara yang disambangi.

Kunjungan pertama Pelosi bersana degelasi adalah Singapura. Empat negara menjadi tujuan tur Asia politikus senior Partai Demokrat itu bersama anggota delegasi Kongres AS.

Selain Singapura, Pelosi juga berkunjung ke Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang. Meski demikian media Taiwan melaporkan spekulasi bahwa Pelosi akan mampir ke Taiwan pada Kamis.

Kabar mengenai kunjungan Pelosi ke Taiwan beredar sejak bulan lalu meningkatkan ketegangan China dengan AS. China merespons kabar rencana kunjungan Pelosi ke Taiwan itu dengan akan mengerahkan kekuatan militer. Meski demikian Pelosi bukan ketua DPR AS pertama yang berkunjung ke Taiwan.

Ketua DPR AS yang juga politikus Partai Republik Newt Gingrich menyambangi Taiwan pada 1997. AS tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan, namun memiliki UU yang mengamanatkan pemerintah untuk memberikan bantuan apa pun, termasuk militer, jika pulau itu diserang. Delegasi Pelosi berkunjung ke Singapura pada Senin dan Selasa.

Kementerian Luar Negeri Singapura menyatakan, Pelosi akan bertemu para pejabat, termasuk Perdana Menteri Lee Hsien Loong dan Presiden Halimah Yacob. Kemudian Kamar Dagang AS di Singapura dijadwalkan mengadakan resepsi pada Senin sore.

Sebelum keberangkatannya ke Singapura, Pelosi mengatakan turnya bertujuan untuk menegaskan kembali komitmen kuat dan tak tergoyahkan AS kepada para sekutu dan mitra di kawasan.

“Di Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang, delegasi kami akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi untuk membahas bagaimana kita dapat memajukan kepentingan dan nilai bersama lebih jauh, termasuk perdamaian dan keamanan, pertumbuhan ekonomi dan perdagangan, pandemi Covid-19, krisis iklim, hak asasi manusia (HAM), dan pemerintahan yang demokratis," kata Pelosi.

"Di bawah kepemimpinan kuat Presiden (Joe) Biden, AS punya komitmen kuat untuk terlibat secara cerdas dan strategis di kawasan ini, memahami bahwa Indo-Pasifik yang bebas dan berkembang sangat penting untuk kemakmuran negara kita dan seluruh dunia."

Perdana Menteri Taiwan Su Tseng Chang menegaskan pada dasarnya pemerintah siap menerima siapa pun tamu asing yang datang.

Dia menjawab pertanyaan soal beredarnya spekulasi bahwa Pelosi akan berkunjung ke Taiwan pada Kamis mendatang. "Kami selalu menyambut hangat kunjungan tamu asing yang terhormat ke negara ini," ujarnya.

Pada Minggu kemarin, Juru Bicara Angkatan Udara (AS) China Shen Jinke mengatakan pemerintahannya akan secara tegas menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial.

Shen menegaskan saat atraksi AU, pasukannya memiliki banyak jenis jet tempur yang mampu mengitari pulau berharga dari tanah air China, merujuk pada Taiwan.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut