Logo Network
Network

Tak Tamat SD, Mantan Tukang Becak Ini Sukses Jadi Pengusaha Garam

Viola Triamanda
.
Minggu, 04 September 2022 | 14:49 WIB
Tak Tamat SD, Mantan Tukang Becak Ini Sukses Jadi Pengusaha Garam
Ilustrasi tambak garam. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Gelar dan pendidikan yang tinggi bukan penentu kesuksesan seseorang. Pasalnya, banyak orang sukses tanpa memiliki gelar ataupun status sosial yang tinggi.

Hal ini dibuktikan oleh pria asal Cirebon bernama Sanim. Sanim yang pernah jadi tukang becak di daerahnya bukanlah orang yang memiliki pendidikan tinggi. Dia hanya bersekolah hingga kelas 4 SD.

Usai putus sekolah, Sanim yang kebingungan harus bagaimana akhirnya memilih untuk bekerja sebagai tukang becak.

Sanim giat mengayuh becak mulai dari pagi hingga sore hari. Namun, penghasilan tersebut hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja.

Hal ini lah yang kemudian menuntutnya untuk mencari jalan mendapatkan uang tambahan. Bersama teman-teman tukang becaknya, Sanim mendaftar sebagai buruh sebuah pabrik yang pada saat itu membuka lowongan besar-besaran.

Tanpa berbekal pengalaman dan pengetahuan, Sanim berharap agar dia bisa meningkatkan kesejahteraan hidupnya dengan menjadi pegawai pabrik, mengingat semakin turunnya angka penumpang becaknya.

Seiring berjalannya waktu, berkat kegigihannya, keuangan keluarga Sanim mulai membaik dibandingkan saat membecak dulu. Berbekal pendapatan inilah dia akhirnya mengundurkan diri dan lebih memilih membuka usaha sendiri.

Selain itu, mundurnya Sanim juga dipengaruhi oleh kesadarannya atas potensi bisnis garam yang bisa lebih maju jika dimanfaatkan dengan baik.

Atas dasar tersebut, dia memutuskan untuk membuka usaha garam sendiri. Bersama istrinya, dia mendirikan produksi garam di sekitar area rumah yang lambat laun usahnya semakin berkembang dan mengalami kemajuan pesat.

Tak selalu mulus, Samin sempat terkendala masalah modal yang entah tidak tahu harus cari di mana. Dia kemudian meminjam di bank namun ditolak karena keadaan tempat produksinya yang masih dinilai tidak akan mendapatkan profit.

Tak putus asa, Sanim mengitari berbagai bank hingga dia menemukan bank yang mau meminjamkan uangnya sehingga usahanya masih bisa maju.

Berkat kegigihan dan ketekunannya, usaha keras Sanim membuahkan hasil yang luar biasa. Keuntungan pabrik garam Sanim bisa mencapai Rp400 juta per bulan, bahkan saat harganya naik bisa mencapai setengah miliar lebih.

Saat ini, Sanim sudah memiliki dua pabrik besar sebagai tempat industri garamnya, dalam satu hari ada lebih dari enam truk besar yang siap mengangkut garam milik Sanim.

Dia juga mempekerjakan ratusan karyawan, dan dia juga memiliki 10 mobil berkat hasil dari produksi garam buatannya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.