get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Tingkatkan Perekonomian Nelayan, Pemerintah Pijay Melalui DKP Bantu Perbaiki Pengerukan Kuala Ulim

Selasa, 06 September 2022 | 21:37 WIB
header img
Tingkatkan Perekonomian Nelayan, Pemerintah Pidie Jaya Melalui DKP Bantu Perbaiki Pengerukan Kuala Ulim. (Foto: Dok DKP Pidie Jaya).

PIDIE JAYA, iNews.id - Untuk meningkat perekonomian masyarakat nelayan di Wilayah Kecamatan Ulim, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Dinas Kelautan dan Perikanan Pidie Jaya memperbaiki pengerukan Kuala yang dangkal, Selasa (06/09/2022).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pidie Jaya, Zulkarnaini, mengatakan bahwa Kuala Lhok Ulim, Kecamatan Ulim, Pidie Jaya, sudah lama mengalami kerusakan pasca terjadi abrasi pantai, sehingga menyulitkan para nelayan untuk beraktivitas selama ini.

"Kuala ini sebenarnya sudah lama terjadi dangkal, sehingga alur nya pun sudah berpindah sangat jauh dari posisi semula, kita dari dinas coba membantu semampunya dengan mengerok kembali Kuala itu supaya memudahkan nelayan untuk melaut,"kata Zulkarnaini.

Zul menambahkan, bahwa kondisi ini sudah lama di keluhkan oleh nelayan agar di perbaiki segera mungkin Kuala mereka, tetapi dengan kondisi daerah yang tak memungkinkan kali ini dinas DKP membantu dengan mengerahkan alat berat untuk mengerok.

"Sebenarnya dengan mengerok saja Kuala ini tidak efektif, seharusnya di pasang Batu agar tak lagi dangkal, ini cuma bisa bertahan hanya beberapa bulan saja, seperti Kuala Krueng beuracan yang telah kita bantu kini sudah dangkal lagi, apa boleh buat, nanti kita bantu lagi," cetus Zulkarnaini.

Dengan akan di perbaiki nya Kuala Lhok Ulim ini sehingga bisa memudahkan nelayan untuk melaut dan juga banjir luapan pun akan berkurang nantinya.

"Saat ini kita bahwa fokus pada peningkatan perekonomian masyarakat nelayan, meskipun kondisi keuangan daerah kita yang tak memungkinkan, kita akan berusaha semampunya, apalagi kondisi saat ini BBM pun naik," terang Zulkarnaini.

Sementara itu Abu Laot Lhok Kuala Ulim, M.Amin Sulaiman, menyatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada pemerintah pide jaya khusus nya dinas kelautan dan perikanan yang telah mendengar keluhan nelayan yang selama ini kesulitan untuk melaut.

"Kami sangat berterima kasih kepada pihak dinas DKP Pidie Jaya yang telah bersusah payah membantu nelayan untuk mengerok Kuala dangkal, padahal sudah lama kami usulkan, tapi tak terealisasi, insyah Allah dengan Kuala ini sudah di perbaiki akan membawa manfaat bagi masyarakat," jelasnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut