get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Penyimpangan Dana ZIS, Empat Tersangka Ditahan di Rutan Takengon

Kopi Dinusantara Miliki Cita Rasa Kuat Sangat Diminati,Kopi Aceh Gayo Memiliki Cita Rasa Lebih Pahit

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 18:55 WIB
header img
Ilustrasi, jenis kopi nusantara sangat variatif dengan ciri khas masing-masing daerah bercita rasa tinggi. (Foto: Istimewa).

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - Jenis kopi nusantara menarik untuk diulik. Letak geografis dan struktur tanah yang baik menjadi berkah dan patut disyukuri oleh masyarakat Indonesia.

Kondisi alamnya yang subur menjadikan Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah dan berkualitas tinggi.

Salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki beragam jenis kopi berkualitas dan memiliki cita rasa khas serta unik yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

Lalu apa saja jenis kopi nusantara yang tersebar dari Aceh hingga Papua? Simak uraian berikut ini.

7 jenis kopi nusantara:

1. Kopi Sulawesi.

Kopi yang populer dari Sulawesi, yaitu kopi Toraja. Memiliki cita rasa kuat dan kadar keasaman yang tinggi sehingga diminati oleh para pecinta kopi di seluruh dunia.

Kopi Toraja sering disebut memiliki cita rasa yang mirip dengan beberapa kopi Sumatera. Meskipun demikian, kopi Toraja memiliki aroma khas yang membedakannya dengan kopi-kopi lainya.

2. Kopi Sumatera.

Menjadi salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi Sumatera memiliki cita rasa yang berat dan paling kompleks di antara jenis kopi lainya di dunia.

Menurut ahli kopi, kopi Sumatera memiliki karakteristik earthy dan beraroma rempah. Hal inilah yang menyebabkan kopi sumatera sangat laris dipasaran.

Kopi yang paling terkenal dari sumatera yakni, kopi sidikalang, Mandheling dan Lintong yang berasal dari Sumatera Utara.

Kopi Sumatera biasanya diproses dalam dua cara, yaitu dry processed dan semi-washed.

3. Kopi Aceh Gayo.

Memiliki cita rasa lebih pahit dan tingkat keasaman cukup rendah. Meskipun bercita rasa pahit, kopi gayo memberikan rasa gurih yang khas setelah meneguknya.

Kopi ini memiliki aroma khas yang tajam sehingga banyak digemari oleh para pecinta kopi. Tak heran, jika kopi ini menjadi salah satu jenis kopi arabika terbaik di dunia.

4. Kopi Papua Wamena.

Ditanam di ketinggian 1.500 m dengan suhu 200 derajat, sehingga menjadikannya bercita rasa ringan dan aroma yang tajam dan nikmat. Kopi Wamena ditanam secara organik sehingga bertekstur lembut dan nyaris tanpa ampas.

Hal inilah, yang menyebabkan kopi ini banyak digandrungi oleh pecinta kopi yang menyukai kopi dengan cita rasa ringan.

5. Kopi Bali Kintamani.

Bali sudah tidak diragukan lagi keindahan alamnya. Tak hanya itu, Bali juga memiliki kopi yang terkenal dengan cita rasa yang unik. Kopi bali Kintamani memiliki cita rasa yang berbeda dengan kopi nusantara lainnya.

Kopi ini memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar karena ditanam dengan proses penanaman tumpang sari.

Kopi Kintamani ditanam berdampingan dengan tanaman lain seperti buah jeruk dan aneka sayuran.

6. Kopi Flores Bajawa.

Jenis kopi nusantara berikutnya, yaitu kopi Flores Bajawa. Sesuai namanya, kopi ini berasal dari daratan flores tepatnya di kabupaten Ngada.

Tanah tempat tumbuhnya kopi Flores Bajawa mengandung andisols subur yang berasal dari abu gunung berapi yang mengelilinginya sehingga baik untuk menanam kopi.

Oleh karena itu, kopi Flores Bajawa memiliki aroma fruity dan sedikit bau tembakau pada after taste nya. Selain itu, kopi yang berjenis arabika ini juga memiliki cita rasa kacang-kacangan dan herbal di dalamnya.

7. Kopi Jawa.

Memiliki aroma rempah yang khas. Meskipun kopi Jawa tidak sekuat kopi Sulawesi dan kopi Aceh dalam segi cita rasa dan aroma, namun kopi Jawa banyak diminati oleh penikmat kopi yang menyukai kopi bercita rasa tipis.

Selain itu aroma rempah dari kopi Jawa menambah keunikan dan daya tarik bagi kopi Jawa. Dimana, tidak semua jenis kopi mampu menghasilkan kopi beraroma rempah.

Nah, itu dia 7 Jenis kopi nusantara yang memiliki cita rasa yang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut