get app
inews
Aa Read Next : 6 Orang Korban Mobil Masuk Jurang di Beutong Ateuh Dilarikan ke RSUD Datu Beru Takengon

Diduga Akibat Galian C, 4 Rumah Tertimbun Longsor di Aceh Tengah

Rabu, 09 November 2022 | 13:50 WIB
header img
Diduga Akibat Galian C, 4 Rumah Tertimbun Longsor di Aceh Tengah.(Erwin/ MNC Portal).

TAKENGON, iNewsPortalAceh.id- Sebanyak 4 unit rumah dan kendaraan roda empat milik masyarakat di Desa Uning, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, tertimbun longsor.

Longsor yang terjadi pada selasa (8/11) ini juga sempat menutupi badan jalan lintas takengon Isaq, Diduga longsor ini terjadi karena ada pekerjaan galian c yang beroprasi di wilayah tersebut.

Kapolres Aceh Tengah Akbp Nurochman Nulhakim melalui Kapolsek Pegasing Ipda Denny Kepada awak media mengatakan penyebab longsor karena ada pekerjaan galian c.

"Musibah tanah longsor ini terjadi karena faktor cuaca dan matrial galia c yang turun ke badan jalan dan rumah warga," ucap Kapolsek Pegasing Rabu (9/11).

Ia juga mengatakan tidak tau persis terkait perijinan usaha galian c yang di duga sebagai penyebab bencana longsor di Desa Uning.

"Sampai saat ini kita tidak tau persis tentang perijinan nya dan mereka juga tidak pernah melapor terkait aktifitas usaha galian c disini," tegas nya.

Kapolsek Pegasing juga menaksir kerugian masyarakat yang di akibatkan tanah longsor mencapai 300 juta.

"Alhamdulillah pada kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian masyarakat atas musibah ini kita perkirakan sekitar 300 juta, itu kita hitung dari harta benda dan rumah warga yang tertimbun longsor." Terang nya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupayen Aceh Tengah T.Alaidin Syah Ketika di konfirmasi mengatakan usaha galian c di uning tersebut memiliki ijin.

"Iya usaha galian c di uning itu ada ijin nya dari provinsi," ujarnya singkat saat di konfirmasi via telpon celular nya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut