get app
inews
Aa Read Next : Oknum Anggota DPRK Aceh Tenggara Dituding LSM Gempitai Lakukan Nepotisme Anggaran

Musrenbangdes Blok 15 Tahun Anggaran 2023 Dihadiri Pj Bupati

Sabtu, 19 November 2022 | 07:03 WIB
header img
Musrenbangdes Blok 15 Tahun Anggaran 2023 Dihadiri Pj Bupati.(Suparman Munthe/iNews).

ACEH SINGKIL, iNewsPortalAceh.id - Penjabat Bupati Aceh Singkil Marthunis hadiri rapat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Blok 15 Tahun Anggaran 2023, Kecamatan Gunung Meriah. Jum'at Siang (18/11/2022).

Dalam kesempatan itu Marthunis mengaku cukup berbahagia berada ditengah - tengah masyakarat Blok 15, apalagi kata dia kehadirannya tersebut merupakan pertama menghadiri Musrenbang Desa selama hidupnya.

"Saya sangat berbahagia hari ini karena Musrenbangdes pertama yang saya hadiri selama hidup saya.Selama tinggal di Banda Aceh pun Kata dia dirinya belum pernah menghadiri acara Musrenbangdes," ungkap Marthunis di depan masyarakat.

Jadi kata dia di Desa Blok 15 lah pertama yang ingin dia hadiri, namun dia mengaku pertama yang ingin dia hadiri Musrenbangdes adalah Desa Pulo Sarok kecamatan Singkil, karena dirinya adalah warga Pulo Sarok.

Pj Bupati mengungkapkan alasan dirinya bersedia hadir dalam Musrenbangdes karena dirinya hadir berkeinginan melihat dinamika Musrenbang di Desa itu sendiri.

"Saya ingin melihat dinamikanya dalam proses ditingkat Desa,"Katanya.

Pj Bupati mengatakan bahwa dirinya sepakat apa yang disampaikan Ketua BPKam Blok 15 soal usulan program masyarakat yang sekiranya tidak dapat ditampung atau bukan dalam kewenangan Desa maka itu akan menjadi kewajiban Kabupaten.

"Jika mungkin diluar Kabupaten mungkin bisa kita lakukan pendekatan melalui Provinsi maupun Pusat,"Katanya.

Dalam kesempatan itu Marthunis menyarankan agar dalam Musrembangdes menjadi pendekatan yang partisipatif artinya permasalahan yang dihadapi masyakarat dapat dibahas, namun diingatkan bukan keinginan akan tetapi kebutuhan masyakarat itupun melalui berbasis data.

Kalau kita tau data, maka kita akan mengetahui uang yang harus dikeluarkan oleh Desa untuk menyelesaikan permasalah melalui program untuk tujuan yang ingin dicapai.

Secara umum kata dia Prioritas Dana Desa tahun 2023 itu sebagaimana diatur dalam Permendes Nomor 8 tahun 2022 pertama Pemulihan Ekonomi, Kemudian Progam Nasional Sesuai Kewenangan Desa, dan terakhir Mitigasi dan Penanganan Bencana.

Untuk pemulihan ekonomi ini kata dia dapat melalui Bumdes bersama, kemudian melalui pengembangan desa wisata.

Sementara untuk program Nasional sesuai kewenangan Desa itu banyak, ada yang melalui perbaikan dan konsolidasi SDGs, Ketahanan Pangan, Pencegahan dan penurunan Stunting, penaggulangan miskin ekstrim dan lain sebagainya.

"Nah, hal itulah yang mungkin diperlukan data,"Katanya.

Semoga acara Musrenbangdes ini nantinya berkah sehingga dapat menghasilkan Rencana Kerja Pemerintah Desa yang tepat sasaran sehingga uang yang nantinya dikeluarkan itu menjadi kesejahteraan masyakarat dan tidak menjadi sumber masalah dikemudian hari.

Setelah memberikan sambutan dan bimbingan, Pj Bupati Aceh Singkil Kemudian membuka secara resmi Musrenbang Desa Blok 15 tahun 2023 secara resmi.

"Bismillahirrahmanirrahim, acara Musrenbangdes Blok 15 kita nyatakan dibuka,"Kata Marthunis.

Dalam Musrenbangdes Blok 15 itu selain di hadiri Pj Bupati Aceh Singkil juga dihadiri Kabid Penataan kerjasama Administrasi Pemerintahan Mukim dan Kampung DPMK Aceh Singkil, Afrudin Hendra, TAPM kabupaten Aceh barat Ngadimun, Perwakilan Puskesmas Gunung Meriah, Pendamping Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Pemerintah Desa dan sejumlah masyakarat Blok 15.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut