get app
inews
Aa Read Next : Kopi Dinusantara Miliki Cita Rasa Kuat Sangat Diminati,Kopi Aceh Gayo Memiliki Cita Rasa Lebih Pahit

Raja dan Sultan Nusantara Sepakat Mendukung Kembali ke UUD 1945 Naskah Asli

Kamis, 15 Desember 2022 | 12:43 WIB
header img
Raja dan Sultan Nusantara bertemu dengan Ketua DPD RI LaNyala Mattalitti di Aceh . Raja dan Sultan mendukung Indonesia kembali ke UUD 1945 naskah asli. Foto: Ist

Menanggapi dukungan Raja dan Sultan Nusantara itu, DPD RI LaNyala Mattalitti menyampaikan apresiasinya. Menurut dia, Raja dan Sultan Nusantara harus diberikan hak untuk ikut mengatur arah perjalanan bangsa. Sebab, Kerajaan dan Kesultanan Nusantara memiliki andil yang cukup besar dalam memerdekakan bangsa ini.

"Sudah berulang kali saya katakan, sumbangsih Kerajaan dan Kesultanan Nusantara terhadap lahirnya Republik Indonesia sangat besar. Apalagi sumbangsih Aceh," urai LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu melanjutkan, sumbangsih Aceh terhadap lahirnya bangsa dan negara ini bukan saja berlangsung menjelang kemerdekaan. Tetapi jauh sebelum itu. 

"Kerajaan dan Kesultanan Aceh telah membuktikan kedaulatannya dengan menggagalkan imperialisme bangsa Eropa di Aceh," tutur LaNyalla.

LaNyalla juga mencontohkan Laksamana Malahayati, yang bernama asli Keumalahayati, seorang perempuan pejuang dari Kesultanan Aceh. 

Malahayati memimpin 2.000 orang pasukan Inong Balee, sebutan untuk janda-janda pahlawan yang telah syahid, berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda pada 11 September 1599, sekaligus mengalahkan Cornelis de Houtman, dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut