get app
inews
Aa Read Next : Amankan Rapat Pleno Rekapitulasi Suara di Kabupaten Pidie Jaya, Ratusan Polisi Disiagakan

Anggota DPR RI dan Tim Kementerian PUPR Tinjau Rumah Nyaris Amblas ke Sungai di Pidie Jaya

Senin, 30 Januari 2023 | 08:52 WIB
header img
Anggota DPR -RI dan Tim Kementerian PUPR Tinjau Rumah Nyaris Amblas Ke Sungai di Pidie Jaya.(iNews/ Jamalpangwa)

PIDIE JAYA, iNewsPortalAceh.id- Satu rumah warga di Desa Dayah Usen, Kecamatan Meurah Dua, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, nyaris amblas ke sungai di karenakan kondisi letak rumahnya persis di tepi sungai saat ini.

Dengan kondisi sering terjadinya erosi sungai dan banjir, daerah aliran sungai (DAS) di kawasan Desa Dayah Usen ini, kerap berpindah-pindah, sehingga banyak kebun warga sudah menjadi sungai.

Kerap terjadi banjir dan erosi sungai di kawasan Desa Dayah Usen, Kecamatan Meurah Dua, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, sehingga membuat kebun warga saat ini sudah menjadi sungai.

Kondisi ini sudah sangat lama di rasakan oleh masyarakat setempat, namun sampai saat ini belum adanya penanganan yang maksimal di lakukan oleh pemerintah pusat, Provinsi maupun Pemerintah kabupaten setempat.

Erosi sungai selain menghilangkan ratusan hektar kebun milik masyarakat desa tersebut, bahkan mengancam keselamatan warga, dimana sejumlah rumah saat ini hampir nyaris amblas ke sungai, dimana rumah warga berada di pinggir sungai.

Namun, pasca banjir beberapa minggu lalu yang sangat parah di kawasan itu, Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) asal Bireuen, H Ruslan M Daud bersama tim Kementerian PUPR meninjau langsung lokasi itu, Pada Minggu 29 Januari 2023 kemarin.

Dalam kunjungan tersebut, mereka melihat langsung satu unit rumah warga yang berada di tepi sungai yang nyaris amblas dan sangat berbahaya di kala arus sungai deras, bahkan sebagian kebun miliknya sudah terbawa arus sungai.

Bahkan sebagian tanaman pohon pisang yang berada di samping rumah kini sudah tumbang ke dalam sungai akibat erosi dasyat di kawasan itu.

Masyarakat setempat berharap sepenuhnya agar pembanguan tebing sungai di kawasan rawan banjir ini segera terealisasi, mengingat sangat di butuhkan masyarakat setempat.

Sementara itu Camat Meurah Dua, Iskandar, menyebutkan bahwa yang mengunjungi kemarin merupakan tim penanganan bencana daerah dari kementerian PUPR untuk menangani persoalan erosi sungai di Desa Dayah Usen nantinya.

"Rencana akan di bangunan segera kawasan itu, karena saat ini sangat mendesak bagi masyarakat setempat, apalagi kawasan itu rawan banjir," sebut Iskandar.

Dalam rombongan itu ikut hadir, dari tim Kementrian PUPR, Eroy, Anggota DPR RI Komisi V H Ruslan M Daud dan rombongannya, Bupati Pidie Jaya, H Aiyub Abbas, dan Kalaksa BPBD Pidie Jaya, M.Nur, Kabid Pengairan Pidie Jaya, Anggota DPRK Pidie Jaya, Hery Ahmadi serta para muspika Kecamatan Meurah Dua, Pidie Jaya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut