get app
inews
Aa Read Next : Kades Ini Bagikan Zakat Rp13 Miliar ke Tukang Becak Viral di Medsos, Antrean hingga 3 Km

Dana Rp2,4 Miliar Khusus untuk Penurunan Angka Stunting di Pidie Jaya

Jum'at, 16 Juni 2023 | 19:51 WIB
header img
Dana Rp2,4 Miliar Khusus untuk Penurunan Angka Stunting di Pidie Jaya.( Foto : Nazariah Bidan Desa).

PIDIE JAYA, iNewsPortalAceh.id - Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, mengalokasikan dana APBK sebesar Rp2,4 miliar lebih pada Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana setempat.

Dana tersebut di khususkan untuk menurunkan atau menekan jumlah angka anak-anak stunting di tahun 2023 ini.

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Pidie Jaya, Edy Azwar, menyebutkan bahwa saat ini Kabupaten Pidie Jaya merupakan daerah yang paling tinggi memiliki angka anak-anak stunting di Provinsi Aceh saat ini.

"Saat ini bahkan Kabupaten kita merupakan Kabupaten nomor tiga tinggi nya angka stunting Provinsi Aceh, dengan urutan stunting ada tiga kabupaten/ Kota di Aceh," ungkap Edy Azwar pada Kamis 15 Juni 2023 kemarin.

Menurut Edy Azwar,dalam upaya penurunan angka stunting sesuai dengan permintaan presiden RI, Pemerintah Pidie Jaya menguncurkan dana sebesar Rp2,4 miliar khusus untuk menekan akan stunting di tahun 2023 ini.

Namun saat ini angka jumlah stunting di Kabupaten Pidie Jaya ini masih berada di urutan nomor tiga di Provinsi Aceh, dimana posisi urutan pertama yaitu Kabupaten Subulussalam, Kabupaten Aceh Utara kedua dan ketiga Kabupaten Pidie Jaya.

"Masalah anak- anak stunting di Pidie Jaya, Pemerintah terus melakukan upaya pencepatan penurunan stunting, hasil survei saat ini dari status gizi indonesia (SSGI) bahwa berada di 37, 8 persen jumlahnya," imbuhnya Edy.

Selain itu hasil laporan barometer kedua dari melalui elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (BBGBM) menunjukan Kabupaten Pidie Jaya berada di 12 persen.

"Saat ini kita baru saja usai melakukan kegiatan gerakan ukur ulang anak –anak stunting dan pendataan jamban keluarga dalam rangka percepatan penurunan stunting," ungkapnya.

Meskipun saat ini Kabupaten Pidie Jaya berada di urutan ketiga setelah Subulussalam, Aceh Utara di pastikan pada tahun 2024 akan dilakukan penurunan angka stunting sesuai dengan harapan presiden jokowi menjadi 14 persen.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut