get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Tinjau Festival Kuliner dan Tradisi Ramadhan di Aceh, Nikmati Kuliner Lokal

Beberapa Kuliner Aceh Jadi Primadona, Asam Keueng Punya Rasa Segar

Sabtu, 17 Juni 2023 | 18:14 WIB
header img
Asam Keueng punya rasa segar. (Foto: celebrities.id/Instagram @lindadwi_hapsari)

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - Tanah Rencong Aceh punya kuliner yang nikmat dengan cita rasa yang menggugah selera. Kenikmatannya ini bahkan banyak ditemukan di kota-kota di luar Aceh, salah satunya mie Aceh.

Dari semua kudapan yang ada, berikut ini adalah empat makanan dari Bumi Serambi Mekah yang selalu jadi primadona dikutip dari laman Instagram Pesona Indonesia, Rabu (29/3/2023).

Dari keempat makanan di atas, kira-kira mana yang sudah pernah kamu coba dan jadi favorit?

1. Kuah Si Itek

Kuah Si Itek sangar populer di Aceh. Sesuai dengan namanya, kudapan ini merupakan olahan berbahan dasar itik yang menggunakan aromatik seperti daun kari dan pandan untuk rasa yang menonjol.

Serta, ketumbar dan jintan untuk menghilangkan bau amis. Si Itek biasanya hadir dalam dua varian, yaitu Si Itek Merah dan Si Itek Putih yang berasal dari warna kuahnya.

2. Gule Eungkot Paya (Gulai Ikan Paya).

Kudapan yang kedua ini berbahan dasar ikan payau. Gule Eungkot memiliki cita rasa kuah rempah yang berpadu dengan gurihnya santan.

Menariknya, warga Aceh ada yang memasaknya tanpa menggunakan santan, sehingga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

3. Asam Keueng

Asam Keueng adalah kuliner bercita rasa masam segar yang menggunakan ikan tongkol, tenggiri, bandeng, atau kakap sebagai bahan dasarnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut