get app
inews
Aa Read Next : Ramadhan Berkah, TNI di Abdya Serahkan Bantuan Sembako untuk Warga Kurang Mampu

Di Aceh Tengah Warga Non Muslim Kurang Mampu Dapat Daging Qurban

Kamis, 29 Juni 2023 | 19:20 WIB
header img
Di Aceh Tengah Warga Non Muslim Kurang Mampu Dapat Daging Qurban.(iNews/ Yusriadi Yusuf).

TAKENGON, iNewsPortalAceh.id- Di Aceh Tengah, sejumlah warga non-Muslim di Kampung Blang Kolak 1 mendapatkan bagian dari daging qurban.

Hal ini terjadi dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada tanggal 29 Juni 2023.

Panitia qurban Kampung Blang Kolak 1 telah menyiapkan seribu paket daging qurban yang akan dibagikan kepada warga Kampung Blang Kolak 1 dan sekitarnya.

Tradisi berqurban ini dilaksanakan setiap tahun setelah pelaksanaan shalat Idul Adha, tepatnya pada Hari kesepuluh bulan Dzulhijjah.

Reje (Kepala Desa) Kampung Blang Kolak 1, dalam sambutannya saat pembagian paket qurban, mengungkapkan bahwa Idul Adha memiliki hikmah tersendiri bagi umat Muslim di seluruh dunia, termasuk dalam berkurban.

Oleh karena itu, setiap tahun Kampung Blang Kolak 1 secara konsisten membuka kesempatan bagi warganya untuk berqurban setelah shalat Idul Adha.

"Untuk tahun ini, kami telah menyembelih 24 hewan kurban di Blang Kolak 1, terdiri dari 5 ekor kerbau, 5 ekor sapi, dan 14 ekor kambing.Panitia telah menyiapkan lebih dari 1000 kupon pembagian daging kurban yang akan diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya," ungkap Asri, Reje Kampung Blang Kolak 1.

Sementara itu, Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Raudhatul Jannah, Defri, menjelaskan bahwa pengumpulan hewan kurban telah dilakukan sebelumnya dengan menjemput dari rumah warga, baik di dalam maupun di luar Kampung Blang Kolak 1.

Namun, pada tahun ini, pemotongan hewan qurban difokuskan di halaman masjid kampung guna memudahkan panitia dalam pembagian paket qurban.

"Paket qurban tidak hanya diberikan kepada warga Muslim yang berhak menerimanya, tetapi juga dibagikan kepada warga non-Muslim yang kurang mampu," tambah Defri.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut