get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Tinjau Festival Kuliner dan Tradisi Ramadhan di Aceh, Nikmati Kuliner Lokal

Cecah Agur Kuliner Khas Gayo Menggugah Selera dan Kaya Gizi

Jum'at, 01 September 2023 | 18:21 WIB
header img
Cecah Agur Kuliner Khas Gayo Menggugah Selera dan Kaya Gizi.(iNews/ Yusriadi Yusuf).

TAKENGON, iNewsPortalAceh.id- Kuliner khas daerah Gayo, yang terletak di Provinsi Aceh, kembali mencuri perhatian pecinta makanan dengan hidangan yang tak hanya lezat, tetapi juga kaya akan gizi.

Cecah Agur atau sambal terong belanda menjadi menu andalan penambah nafsu makan, apa lagi saat dihidangkan dipadu dengan sayur pucuk jipang yang segar menggugah selera siapa saja yang mencobanya.

Dibalut dalam sederetan bahan yang mudah didapat, Cecah Agur berbahan dasar buah terong belanda atau masyarakat Gayo menyebutnya terong agur, ditambah bawang merah, cabai rawit dan terasi, telah menjadi menu wajib di rumah-rumah masyarakat Gayo.

Kombinasi ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menyediakan gizi yang dibutuhkan tubuh. Lalu kandungan apa yang terdapat dalam buah terong belanda.

Merangkum data dari New Zealand Food Composition Database, terong belanda mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh.

Di antaranya: 31 kalori per 100 gram 3,8 gram protein 0 kolesterol 3,3 gram serat Vitamin A, C, dan E Asam Folat Thiamin Kalsium Magnesium Potassium Zat besi.

Dalam percakapan dengan salah seorang warga Gayo, Fitri ia menjelaskan, "Cecah Anggur dan Pucuk Jipang adalah hidangan favorit kami di sini. Rasa asam dan pedas dari cecah agur sangat cocok dengan kesegaran pucuk jipang.

Ini seperti semangkuk kebahagiaan di setiap suapan." Cecah agur sendiri merupakan hidangan berbahan utama terong belanda yang diolah bersama bawang merah, cabai rawit dan terasi.

Sementara itu, pucuk jipang adalah daun muda dari tanaman labu jipang yang direbus sebelum di sajikan.

Apa yang membuat hidangan ini begitu spesial adalah keseimbangan rasa yang unik.

Agur memberikan rasa asam yang menyegarkan, sementara pucuk jipang memberikan rasa yang gurih dan renyah.

Kombinasi ini menciptakan harmoni rasa yang sulit untuk ditolak.

Hidangan ini tidak hanya dinikmati oleh penduduk lokal Gayo, tetapi juga semakin dikenal oleh wisatawan yang datang ke daerah ini.

Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cita rasa yang memikat, Cecah Agur dan Pucuk Jipang semakin menjadi daya tarik kuliner Gayo yang tak boleh dilewatkan.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut