get app
inews
Aa Read Next : Peserta JKN Tetap Bisa Nikmati Layanan BPJS Kesehatan Meski Sedang Mudik

BPJS Kesehatan Komitmen Wujudkan Transformasi Mutu Layanan JKN

Senin, 02 Oktober 2023 | 14:33 WIB
header img
BPJS Kesehatan Komitmen Wujudkan Transformasi Mutu Layanan JKN.(iNews/ Ichdar Ifan).

ACEH SELATAN, iNewsPortalAceh.id-Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan Tahun 2023 menjadi ajang penting bagi penyelenggara jaminan kesehatan nasional dalam upaya meningkatkan mutu layanan kesehatan di Indonesia.

Dengan tema "Kolaborasi dalam Transformasi Mutu Layanan yang mudah, cepat, dan setara kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional", acara ini mengundang perhatian pemerintah dan pemangku kepentingan kesehatan dari seluruh penjuru negeri.

Pertemuan tersebut dilaksanakan secara luring dan daring, dengan mengundang Fasilitas Kesehatan di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, menegaskan bahwa tahun 2023 adalah momentum penting dalam perjalanan BPJS Kesehatan, dengan fokus utama pada Transformasi Mutu Layanan.

Melalui transformasi ini, BPJS Kesehatan bertujuan untuk memberikan pelayanan yang mudah diakses, cepat pelayanannya, dan setara untuk setiap peserta JKN.

"Salah satu langkah nyata yang telah diambil BPJS Kesehatan adalah peningkatan akses layanan kesehatan bagi peserta JKN, terutama bagi masyarakat yang berada di Daerah Belum Tersedia Fasilitas Kesehatan yang Memenuhi Syarat (DBTFMS). Kerja sama dengan rumah sakit apung/bergerak telah memberikan solusi untuk memastikan bahwa masyarakat di daerah-daerah terpencil pun dapat merasakan manfaat layanan kesehatan yang memadai. Ini hanyalah salah satu contoh dari upaya nyata BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang inklusif," terang Ghufron. Sementara itu , Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan Mahmul Ahyar saat gathering dengan media di Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Senin (02/10/2023).

Menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan akan lebih fokus dalam transformasi pada mutu layanan seperti slogannya, yaitu mudah, cepat dan setara, Mudah artinya memberikan kemudahan pada peserta untuk mendapatkan akses pelayanan khususnya di fasilitas kesehatan yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Cepat, yaitu pelayanannya cepat tidak harus menunggu lama. Sedangkan Setara artinya tidak adanya diskriminasi pelayanan.

"Kami mencoba membuat komitmen dengan rumah sakit agar tidak ada lagi sistem yang membuat ribet peserta JKN seperti fotocopy, atau ditolak ketika tidak membawa kartu JKN. Kita berusaha untuk menghapuskan itu," ungkapnya.

Dijelaskannya, rumah sakit sudah dapat mengakses data kepersertaan pasien melalui NIK. Di situ juga dapat mengetahui apakah peserta tersebut aktif atau tidak.

BPJS Kesehatan juga sudah membuat inovasi sistem antrian online. Ketika peserta akan mengunjugi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan bisa mendaftar di rumah tidak perlu ke fasilitas kesehatan hanya dengan menggunakan mobile JKN dan akan mendapat nomor urut pasien.

"Semuanya akan secara transparansi bisa diketahui oleh masyarakat tentunya harapan kami seluruh Rumah Sakit bisa tetap berkomitmen untuk mendukung peningkatan mutu pelayanan," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, BPJS Kesehatan juga memberikan apresiasi kepada fasilitas kesehatan yang berkomitmen dalam meningkatkan mutu pelayanan JKN tahun 2023.

Untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdapat beberapa kategori, mulai dari dokter praktik perorangan, dokter gigi, puskesmas, dan terakhir kategori klinik pratama.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut