get app
inews
Aa Read Next : Teror Hewan Buas di Aceh Tengah, Ternak Warga Mati Mengenaskan

Komunitas Aceh Birder Roadshow Kampanye Konservasi Migrasi Burung

Selasa, 17 Oktober 2023 | 07:59 WIB
header img
Foto. Komunitas Aceh Birder mengajak komunitas pariwisata, duta wisata dan mahasiswa mengamati burung migran di kawasan Danau Laut Tawar, Aceh Tengah.(iNews/ Yusriadi).

TAKENGON, iNewsPortalAceh.id - World Migratory Bird Day (WMBD) atau Hari Migrasi Burung Sedunia merupakan kampanye global yang menyoroti pentingnya konservasi burung bermigrasi.

Peringatan Hari Migrasi Burung Sedunia tahun 2023 mengangkat tema "Air Menopang Kehidupan Burung," mempertegas keterkaitan air dengan kelangsungan hidup burung migran.

Perubahan iklim merusak habitat, membuat burung migran kehilangan tempat berkembang biak dan persinggahan penting.

Agus Nurza, pengamat burung Aceh dari Komunitas Aceh Birder, menyatakan bahwa Hari Migrasi Burung Sedunia adalah seruan global untuk bertindak.

Komunitas Aceh Birder mengadakan kampanye konservasi migrasi burung dengan melibatkan mahasiswa, komunitas pariwisata, duta pariwisata, dan masyarakat umum.

Tujuannya adalah menyebarkan informasi dan meningkatkan kesadaran tentang perlindungan burung migran.

"Kampanye ini untuk menyebarkan informasi dan menyadari pentingnya perlindungan burung migran dan konservasinya," ucap Agus (17/10/2023).

Dalam Roadshow di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah dan Kota Lhokseumawe, Komunitas Aceh Birder bekerja sama dengan komunitas pariwisata dan mahasiswa.

Agus menyebut keterlibatan mereka, yang aktif di media sosial, diharapkan memberikan dampak positif pada kesadaran lingkungan wisatawan secara aktif dan berkelanjutan.

"Komunitas pariwisata dan duta wisata merupakan pelaku aktif di media sosial dan diharapkan akan memberi dampak positif terhadap kesadaran lingkungan bagi wisatawan secara aktif dan berkelanjutan," jelas Agus.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut