get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Mobil Rombongan Wisata dari Panton Labu Masuk Jurang di Aceh Besar, 23 Orang Luka-Luka

Komunitas Wisata Tuantapa Menjajaki Jalan Lintas Pesisir Aceh Selatan - Aceh Singkil

Selasa, 12 September 2023 | 10:39 WIB
header img
Komunitas Wisata Tuantapa Menjajaki Jalan Lintas Pesisir Aceh Selatan - Aceh Singkil.(iNews/ Ichdar Ifan).

ACEH SELATAN, iNewsPortalAceh.id-Jalan lintas Provinsi yang menghubungkan Kabupaten Aceh Selatan dan Kabupaten Aceh Singkil lewat jalur pesisir hampir tuntas selesai setelah selesai dibangunya Jembatan Kilangan yang merupakan jembatan dgn lintasan terpanjang di Aceh ini.

Jarak tempuh antar dua kabupaten di pesisir selatan aceh ini semakin dekat. Kalau lewat jalur lintas jalan Nasional Aceh Selatan - Subulusalam dan Aceh Singkil membutuhlan waktu tempuh 4 hingga 5 jam perjalanan.

Setelah selesainya pembangunan ruas jalan lintas pesisir ini jarak tempuh Kota Tapaktuan dan Kota Singkil dapat di capai dengan waktu sekitar 3 Jam perjalanan dengan menikmati bentangan pemandangan pantai yang indah sepanjang jalan.

Setelah selesainya pembangunan Jembatan Kilangan sekarang hanya tinggal 1 Rakit lagi di muara sungai Kuala Baru yang hanya butuh waktu 5 menit penyebrangan kita sudah sampai ke Kota Singkil.

Pemandangan jalur pantai yang indah dan rawa rawa yang begitu menakjubkan akan jadi view pemandangan sepanjang jalan dari Trumon Aceh Selatan sampai ke Jembatan Kilangan Aceh Singkil.

Kita akan dapat melihat muara sungai hitam yang menyerupai danau kecil di wilayah Trumon ada pantai pelabuhan pendaratan ikan tradisional di Teupin Tinggi.

Sampai di Buloh Seuma kita akan disuguhi Madu Lebah Murni yang sampaj sekarang produksi dari alam terus berjalan.

Masih di wilayah kemukiman Buloh Seuma kita dapat berwisata sejarah disana ada Mesjid Tuanya dan Makam para Ulama terdahulu dan suguhan pantainya yang cukup mempesona.

Setelah melewati perbatasan Buloh Seuma kuta akan memasuki wilayah Kecamatan Kuala Baru Aceh Singkil.

Disana kita akan dapat menikmati suguhan Kerajinan Tradisional berupa Hiasan Manik Manik Kasab yang sering digunakan pada Pelaminan adat disana.

Sepanjang kecamatan Kuala Baru sampai Jembatan Kilangan kita dapat menikmati bentangan pantai yang indah dan kita menikmati perjalan via rakit seakan kita mengenang disaat pasca tsunami dirute jalan Banda Aceh - Meulaboh.

Sekitar 15 Menit dari Muara Kuala Baru kita akan sampai di Jembatan Kilangan dan tentu kita sudah memasuki wilayah kota Singkil.

Kita akan disambut oleh pesona wisata religi, Makam ulama terkenal di Aceh yaitu Makam Syeh Abdulrrauf yang tepat berada di ujung jambatan kilangan.

Demikian Ulasan perjalanan menelusuri lintasan pesisir Aceh Selatan dan Aceh Singkil ini disampaikan oleh Muchsin, ST selaku ketua umum Komunitas Wisata Tuantapa yang juga merupakan Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan.

"Kedepan harapan Muchsin jalur lintasan baru ini akan menjadi penghubung antara Pesona Wisata yabg ada di Aceh Singkil dan Aceh Selatan semakin dekat dan dapat dijadikan satu paket wisata di Barat Selatan Aceh" ujar Muchsin.

Pengunjung wisata dari Sumut dan Sumbar yang berkunjung ke Pulau Banyak Aceh Singkil dapat Langsung berkunjung ke Aceh Selatan.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut