get app
inews
Aa Read Next : Diduga Aksi Duel Maut Satu Pelajar di Aceh Tengah Meninggal Dunia

Meriahkan PKA Ke-VIII, Tim Aceh Tengah akan Hadirkan Berbagai Kesenian Gayo

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 11:53 WIB
header img
Meriahkan PKA Ke-VIII, Tim Aceh Tengah akan Hadirkan Berbagai Kesenian Gayo.(iNews/ Erwin).

TAKENGON, iNewsPortalAceh.id - Tim kesenian Kabupaten Aceh untuk dipastikan akan menggikuti Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VIII yang akan diselenggaralan di Taman Sulthanah Safiatuddin, Benda Aceh, Kesenian Gayo akan hadir meramaikan kompetisi kebudayaan Aceh.

Kegiatan ini merupakan ajang perhelatan kebudayaan terbesar masyarakat Aceh untuk melestarikan nilai-nilai budaya, sejarah, dan adat istiadat Aceh yang telah diadakan sejak tahun 1958 lalu.

PKA VIII yang akan dilaksanakan pada tanggal 04 –12 November 2023, yang mengusung tema “Jalur Rempah” dengan tagline “Rempahkan Bumi Pulihkan Dunia”, dalam ajang ini tim Aceh Tengah akan memukau para juri dan hadirin yang hadir dengan kesenian Gayo.

"Pentas seni Tari Kreasi, Musik tradisi Garapan, Tari Guel dan Tari Sining yang akan di tampilkan tim kesenian Aceh Tengah, kita pastikan akan menjadi pagelaran megah disana," Tegas Taufik Gayo oficial tim kesian Aceh Tengah, Jumat (27/10/2023).

Ia juga mengatakan, timnya akan berangkat ke Banda Aceh pada, 3 November 2023 mendatang, serta akan mengusung kolaborasi seni tradisi dan juga berupaya mempromosikan kesenian Dataran Tinggi Aceh Tengah.

"Sebelumnya kita sudah mengikuti pra PKA atau seleksi di dinas pendidikan dan kebudayaan Aceh Tengah, ada beberapa sanggar yang ikut dan Alhamdullilah kita juara," tutur Taufiq.

"Kami juga berharap dengan dengan kematangan dan persiapan ini bisa sukses dan mendapatkan juara di tingkat provinsi sekaligus mempromosikan rempah melalui tari dan musik," tutup Taufiq.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut