get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Perempuan Cantik Melly Puspita, Anak Penjual Bubur Lulus Predikat Cumlaude dari ITB

Pandai Menulis Novel hingga 17 Juta Pembaca, Mahasiswi Cantik Ini Lulus Kuliah Tanpa Skripsi

Senin, 30 Oktober 2023 | 18:53 WIB
header img
Keterangan Foto: mahasiswa ini memiliki bakat menulis novel yang dibaca hingga 17 juta pembaca (Foto: Avirista Midaada)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Selain sebagai mahasiswa, Eldelafimeta, dari jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga pandai menulis novel.

Hobi dan bakatnya itu membuatnya sukses lulus tanpa mengerjakan skripsi.

Bayangkan saja, dia menerbitkan dua buku novel yang dibaca sebanyak 17,6 juta kali pembaca!

El sapaan akrab mahasiswa berparas manis tersebut menyampaikan, inspirasi membuat novel itu berawal dari hobinya menulis yang ia unggah di aplikasi platform online Wattpad, di tahun 2018.

Saat itu, katanya ia menulis hanya untuk mengisi kekosongan waktunya saja, namun tidak disangka di tahun 2021 tulisannya viral di Tiktok.

Dari situlah awal mula perjalanannya menjadi seorang penulis buku.

“Aku juga tidak tahu kenapa tulisan aku viral di Tiktok. Dari situ akhirnya aku dihubungi Coconut Books untuk bekerja sama dalam penyusunan dan pembuatan buku pertamaku,” kata Eldelafimeta, dikonfirmasi pada Senin (30/10/2023).

Ia merasa seperti mimpi bisa menerbitkan sebuah buku. Awalnya ia menulis hanya untuk mengisi kekosongan, apalagi ia juga menunda kuliah selama beberapa tahun.

“Langkah awalku untuk menulis juga terinspirasi dari Kak Luluk, alumnus UMM yang juga menulis buku novel Mariposa saat menjadi mahasiswa. Kemudian novel Kak Luluk juga sukses dibikin film. Dari situ aku bertekad untuk bisa menjadi seperti dia,” terangnya.

Lebih lanjut, El mengatakan bahwa untuk buku keduanya, dirinya bekerja sama dengan beberapa penulis hebat, salah satunya penulis buku Dear Nathan.

Mereka akan menerbitkan buku series. Adapun ia termasuk di series kedua yang saat ini sudah dibaca hingga kurang lebih 32 ribu pembaca.

“Dengan buku kedua ini, aku tambah semangat dan menargetkan diri untuk bisa menerbitkan tiga buku dalam satu tahun. Kalau bisa, tulisanku ini juga bisa dijadikan film seperti karya Kak Luluk,” tuturnya.

Tidak hanya itu, gadis asli kota Kediri itu juga telah menyiapkan siniar yang diunggah ke berbagai platform, termasuk Spotify.

Harapannya ia bisa mengembangkan tulisan ke berbagai genre dan memotivasi orang-orang lewat podcast-nya.

Menurutnya, satu dari banyak cara untuk berguna bagi sekitar yakni membuat karya yang positif.

Mendorong masyarakat untuk bisa belajar dari novel dan mengamalkan kebaikan yang ada di dalamnya.

El juga berencana untuk menjadikan karyanya sebagai tugas akhir di perkuliahan. Apalagi komitmen UMM untuk selalu mendukung serta mengapresiasi mahasiswanya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut