get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Tinjau Festival Kuliner dan Tradisi Ramadhan di Aceh, Nikmati Kuliner Lokal

Stand Kuliner Sie Te'om Khas Aceh Rayeuk Ramai di Kunjungi Warga di Pekan Kebudayaan Aceh

Senin, 06 November 2023 | 21:33 WIB
header img
Stand Kuliner Sie Te'om Khas Aceh Rayeuk Ramai di Kunjung Warga di Pekan Kebudayaan Aceh.(iNews/ Jamalpangwa).

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 yang di gelar oleh Pemerintah Aceh di Banda Aceh yang buka pada 5 November 2023 kemarin, kini selalu ramai di kunjungi oleh warga.

Dimana Pekan Kebudayaan Aceh ke 8 kali ini mengusung tema 'rempahkan bumi, pulihkan dunia'.

Semua Kabupaten / Kota di Aceh ikut ambil adil dalam menampilkan berbagai atraksi kesenian dan budaya yang ada di Kabupaten nya masing-masing.

Selain menampilkan kesenian dan budaya di pangung anjungan serta stand nya, setiap Kabupaten / Kota juga menampilkan berbagai keunikan kuliner khas nya.

Seperti kuliner yang satu ini yang sudah terkenal sejak tempo dulu yang merupakan kuliner khas Aceh Rayeuk Sie Te'om yang memiliki cita rasa yang nikmat dengan perpaduan bumbu rempah rempahan dari tanah Rencong Aceh.

Balqis seorang penjaga stand Kuliner Sie Te'om menyebutkan cara memasak sie te'om ini tak memiliki bumbu penyedap lain nya sedikit pun.

Melainkan daging atau Sie ini di masak hanya dengan mengunakan hanya beberapa macam bumbu rempah asal Aceh saja, tetapi unik nya memiliki rasa yang sangat nikmat di lidah penikmat nya.

Menurut Balqis, Sie Te'om yang berarti daging panas merupakan masakan khas Aceh Rayeuk, daging panas yang mengeluarkan minyak dari lemak daging nya sendiri. 

Kemudian daging tersebut di masak dengan minyak tersebut serta di campur hanya beberapa bumbu seperti bawang putih, jahe dan cabe.

Serta mengacu pada pengunaan jahe yang cukup dan menghasilkan rasa hangat di badan setelah di nikmati.

Masakan sie te' om ini merupakan kuliner khas masa indatu tempo dulu, dimana sie te'om ini di bandrol per porsi hanya dua puluh lima ribu rupiah plus nasi putih.

Bahkan hampir setiap hari stand sederhana sie te'om khas Aceh Rayeuk ini ramai di kunjungi oleh para pengunjung di Pekan Kebudayaan Aceh ke 8 di Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut