get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Aceh Ramadhan Festival, Menparekraf RI : Ini Akan Jadi Wisata Religi Nomor 1 di Indonesia

Tim Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 1 Kunjungi Anjungan Pidie Jaya di PKA Ke-8

Senin, 06 November 2023 | 22:46 WIB
header img
Tim Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 1 Kunjungi Anjungan Pidie Jaya di PKA Ke-8.(Dok Ist).

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - Tim dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah Satu mengunjungi Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-8 di Kota Banda Aceh, Senin 06 November 2023 sekitar pukul 18.00 WIB.

Dalam rombongan tim balai pelestarian Kebudayaan tersebut ikut hadir direktur pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan direktorat jenderal kebudayaan kemendikbudristek, Irini Dewi Wanti, S.S.,M.SP.

Irini Dewi Wanti, S.S.,M.SP bersama rombongannya menyempatkan diri untuk berkunjung langsung ke anjungan Kabupaten Pidie Jaya yang di dampingi oleh Kabid Kebudayaan Pidie Jaya, Marzuwan.

Sementara itu Kabid Kebudayaan Pidie Jaya, Marzuwan, menyebutkan direktur pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan direktorat jenderal kebudayaan kemendikbudristek, Irini Dewi Wanti, S.S.,M.SP berkunjung ke anjungan Pidie Jaya, pada Senin 06 November 2023 sekitar pukul 18.00 WIB.

"Di anjungan Pekan Kebudayaan Pidie Jaya, Irini Dewi Wanti, S.S.,M.SP beliau terkesan dengan surat nikah masa Belanda dan gambaran Panglima nyak doem," imbuh Marzuwan.

Selain itu, sedikit nya beliau paham tentang sejarah sosok panglima Nyak Doem, sehingga membuat beliau menarik mengunjungi anjungan Pidie Jaya.

"Beliau paham dengan sosok panglima nyak Dum, dan sempat menjelaskan peran diplomasi panglima nyakdum tadi sedikit," urai Marzuwan.

Begitu juga dengan koleksi yang ada di anjungan Pidie Jaya membuat mereka suka dan tertarik dengan koleksi sepeda ontel dibawah anjungan, yang mana sepeda ontel itu rata-rata merupakan buatan madein Inggris dan berusia cukup tua.

"Kami sangat berterimakasih atas kunjungannya ibuk direktur pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan direktorat jenderal kebudayaan kemendikbudristek, bersama timnya, sehingga kami Pidie jaya dapat memperkenalkan jejak sejarah jalur rempah Pidie jaya,"ungkap Marzuwan.

Dengan kehadiran mereka merupakan moment sebagai bentuk dukungan, maka Marzuwan berharap kedepannya dapat dikembangkan bersama tentang kebudayan yang ada di Kabupaten berjulukan Japakeh.

"Beliau juga tadi sempat berfoto di miniatur museum Aceh yang pernah beliau kunjungi pada tahun 2021 silam," tutup Marzuwan Kabid Kebudayaan Pidie Jaya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut