get app
inews
Aa Read Next : Sosok Polisi Hafidz Quran yang Berdakwah Lewat Medsos di Tanah Rencong Aceh

Sosok Panglima Aceh Sakti Mandraguna yang Kebal Peluru hingga Dilindas Tank

Kamis, 09 November 2023 | 09:48 WIB
header img
Keterangan Foto: Ilustrasi Panglima Aceh (Foto: Youtube)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Siapa sosok panglima Aceh sakti mandraguna yang kebal peluru hingga dilindas tank? Dia adalah Abu Bakar alias Aman Dimot yang menjadi simbol keberanian dan ketangguhan.

Aksi heroiknya terlihat pada perang gerilya tanggal 30 Juli 1949 di Tanah Karo, Sumatera Utara.

Sejumlah 45 anggota pasukan Bagura dan Mujahidin yang berasal dari Aceh Tengah yang berada dibawah pimpinan Ilyas Leube bersembunyi dan menanti kedatangan konvoi tank dan 25 truk milik pasukan Belanda.

Dengan aksi nyatanya itulah dikenal sosok panglima Aceh sakti mandraguna yang kebal peluru hingga dilindas tank. Apalagi saat pasukan Bagura telah siap menggunakan senapan dan pisau kelewang sebagai persenjataan mereka.

Aman Dimot maju paling depan menghadapi tentara Belanda dan tidak gentar dengan perang terbuka. Ilyas Leube sempat memerintahkan anak buahnya untuk mundur.

Namun Aman Dimot dan dua rekannya yakni Ali Rema dan Edem bersikeras melawan Belanda sampai para penjajah kewalahan. Mereka berpura-pura menjadi mayat.

Ketika Belanda melewati mereka, ketiganya langsung menyerang para penjajah. Banyak dari pasukan Belanda yang tewas ketika itu.

Namun sayang, kedua rekan Aman Dimot juga tidak dapat diselamatkan. Aman Dimot lantas menyejar pasukan Belanda menggunakan pedangnya. Belanda menghujani pejuang yang lahir tahun 1920 itu dengan tembakan peluru.

Bahkan peluru tidak mampu menembus tubuh Aman Dimot. Konon, ia memiliki kekuatan mistis yang membuatnya tidak terluka oleh tembakan musuh.

Bahkan, ada cerita yang menyebutkan bahwa peluru yang ditembakkan ke arahnya hanya memantul dan tidak mempan ditembus peluru.

Kekebalan Aman Dimot membuat Belanda tidak berdaya. Aman Dimot sempat tertangkap oleh pasukan marsose karena sulit dikalahkan.

Mereka sempat melindas tubuh sang pejuang menggunakan tank meski pada akhirnya tidak berhasil. Sampai akhirnya, pasukan marsose memasukan granat ke tubuh Aman Dimot.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut