get app
inews
Aa Read Next : Peserta JKN Tetap Bisa Nikmati Layanan BPJS Kesehatan Meski Sedang Mudik

Nikmati Kuliner Unik Udang Selingkuh Makanan Khas Papua

Rabu, 15 November 2023 | 08:51 WIB
header img
Udang selingkuh, kuliner khas Papua (Foto: YouTube/IndonesiaKaya)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id -Kenapa disebut udang selingkuh, menarik diulas pada artikel kali ini? Sekadar informasi, udang selingkuh ialah makanan khas Papua yang menjadi perbincangan banyak orang.

Nama yang unik ini tentunya menimbulkan rasa penasaran dan membuat orang bertanya apa yang membuat udang ini disebut 'udang selingkuh'.

Alasan kenapa disebut udang selingkuh ternyata karena udang ini memiliki tubuh yang mirip dengan udang biasa, tetapi memiliki capit yang besar seperti kepiting.

Julukan ini berasal dari asal-usul udang yang dianggap berselingkuh dengan kepiting. Meskipun hanya sebuah mitos, cerita ini menambah nuansa unik sehingga banyak orang ingin mencobanya.

Sebenarnya udang selingkuh adalah jenis udang air tawar yang berasal dari sungai. Udang jenis ini memiliki ukuran lebih besar dari udang pada umumnya dan capit seperti kepiting.

Habitatnya berada di Danau Paniai, Danau Tage, dan Danau Tigi. (Foto: YouTube/IndonesiaKaya).

Sementara kuliner udang selingkuh populer dan banyak ditemukan di Goa Togece Kampung Parema, Distrik Wesaput, Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Selain bentuknya yang unik, udang selingkuh juga memiliki rasa dan tekstur yang istimewa. Daging udang selingkuh memiliki tekstur yang lembut dan sedikit manis.

Hal ini membuatnya sangat enak dan lezat saat disantap. Makanan ini biasanya disajikan dengan cara dibakar dan hanya menggunakan bumbu minimal, seperti garam.

Kemudian disajikan bersama tumis kangkung dan sambal colo-colo. Kombinasi antara rasa manis daging udang dan sambal colo-colo yang pedas-manis memberikan sensasi kuliner unik dan menggugah selera.

Seiring perkembangan zaman, banyak orang mengombinasikan udang selingkuh dengan beragam masakan lezat. Salah satu dimasak dengan berbagai jenis saus, seperti saus padang, saus asam manis, saut lada hitam, dan lainnya.

Tak perlu khawatir mengonsumsi udang selingkuh dalam jumlah besar. Sebab, udang ini memiliki kalori rendah sebesar 106 kalori dalam 1 gram.

Udang selingkuh juga kaya protein dan mineral. Untuk menikmati satu porsi udang selingkuh perlu merogoh kocek sebesar Rp100 hingga Rp300 ribu.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut