get app
inews
Aa Read Next : Israel Balas Serangan Iran, Rudal Hantam Bandara di Iran

Hamas Siapkan Perang Panjang, Ingatkan Hengkangnya Israel dari Gaza pada 2005

Jum'at, 17 November 2023 | 21:33 WIB
header img
Keterangan Foto: Ismail Haniya mengatakan Hamas mempersiapkan perang panjang melawan Israel seraya mengingatkan peristiwa hengkangnya Israel dari Gaza pada 2005 (Foto: Reuters)

GAZA, iNewsPortalAceh.id - Hamas mempersiapkan perang berkepanjangan dengan Israel. Operasi Badai Al Aqsa yang dimulai pada 7 Oktober mengejutkan Israel bahkan dunia. Sejak itu Hamas menegaskan siap melawan Israel, termasuk serangan darat.

Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniya mengatakan, jika Israel ingin perang tersebut berkepanjangan maka organisasinya bersama faksi perlawanan lain siap meladeni.

“Jika musuh menginginkan pertempuran yang panjang, kapasitas kita lebih panjang dari musuh dan perlawanan kita akan menjadi kata penentu,” kata Haniya, dalam pidatonya melalui video, seperti dikutip dari Anadolu, Jumat (17/11/2023).

Dia menegaskan, konflik strategis kelompok perlawanan Palestina melawan Israel akan berujung pada kemenangan.

Dalam pidatonya itu Haniya juga memuji ketahanan rakyat Palestina serta koordinasi antara faksi-faksi perlawanan.

Semua pihak bersatu untuk menghancurkan kemampuan serta membuat militer Israel menjadi lemah di berbagai bidang.

"Kemenangan telah dicapai anggota kelompok perlawanan di Jalur Gaza. Para pahlawan perlawanan sedang menulis halaman kejayaan di Gaza, sebanding dengan rekan-rekan mereka dalam hal kepahlawanan, keteguhan, keberanian, serta memberikan pukulan yang menyakitkan kepada tentara musuh dan kendaraan militernya,” ujar Haniya.

Dia menambahkan, dunia akan menyaksikan sayap militer Hamas Brigade Izzuddin Al Qassam serta faksi-faksi perlawanan lain mengusir Israel keluar dari Gaza seperti terjadi 18 tahun lalu.

Itu merujuk pada hengkangnya Israel dari Gaza pasca-gerakan Intifada pada 2005.

“Mereka tidak akan mendapat apa pun, kecuali lebih banyak kegagalan, kekecewaan, dan kekalahan,” tuturnya.

Lebih lanjut Haniya mengatakan warga Gaza dan kelompok perlawanan Palestina berhasil menggagalkan beberapa tujuan Israel, salah satunya mengusir warga keluar wilayah.

Seruan Israel agar warga Gaza meninggalkan wilayah tersebut untuk mengungsi ke Mesir tak dituruti.

Tujuan lain dari Israel yang gagal adalah menemukan para sandera yang ditahan faksi-faksi perlawanan.

Haniya juga menyerukan penerapan seluruh resolusi yang dihasilkan KTT Luar Biasa Islam-Arab di Riyadh, Arab Saudi, terutama terkait penghentian segera pertempuran, pencabutan blokade di Gaza, perlindungan tempat-tempat suci, dan mewujudkan aspirasi rakyat Palestina untuk mendapat kebebasan kembali serta kemerdekaan.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut