get app
inews
Aa Read Next : Polisi Bersihkan Sekolah Pasca Banjir Luapan Sungai di Kecamatan Padang Tiji Pidie

Banjir Aceh Tenggara 6.571 Jiwa Terdampak, BNPB: Air Mulai Berangsur Surut

Selasa, 21 November 2023 | 10:22 WIB
header img
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa banjir di Kabupaten Aceh Tenggara telah berdampak pada 1.804 keluarga atau 6.571 individu. Foto: BNPB

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id -  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa banjir di Kabupaten Aceh Tenggara telah berdampak pada 1.804 keluarga atau 6.571 individu, dengan 2 orang mengalami luka-luka. Sebanyak 5 unit rumah warga mengalami kerusakan berat, 1 rumah mengalami kerusakan sedang, dan 1 rumah mengalami kerusakan ringan.

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, menyampaikan dari laporan Pusat Pemantauan Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara, banjir yang melanda 15 Kecamatan di sana sejak Senin (13/11) mulai mengalami penurunan.

"Banjir ini terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, yang mengakibatkan beberapa sungai meluap dan mencapai permukiman penduduk," jelas Abdul Muhari, yang akrab disapa Aam, dalam pernyataan resminya pada Selasa (21/11/2023).

Ada 15 kecamatan yang terkena dampak, antara lain Kecamatan Bambel, Semadam, Babussalam, Lawe Bulan, Ketambe, Lawe Sumur, Bukit Tusam, Tanoh Alas, Babul Rahmah, Lawe Alas, Darul Hasanah, Deleng Pokhisen, Lawe Sigala-gala, Babul Makmur, dan Badar.

Aam juga menyatakan bahwa sejumlah fasilitas umum terkena dampak banjir. Tiga jalan nasional terendam lumpur karena banjir, sebagian tanggul di desa rusak, 468 hektar lahan pertanian terendam, dua sekolah dan dua masjid juga terdampak.

Untuk mempercepat penanganan banjir, Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara telah menyatakan Status Tanggap Darurat. BPBD Kabupaten Aceh Tenggara serta instansi terkait telah turut serta dalam penanganan dengan melakukan evaluasi cepat, menggunakan alat berat untuk membersihkan material, mendirikan dapur umum, membangun jembatan darurat untuk memfasilitasi aktivitas warga, dan melakukan normalisasi serta perbaikan tanggul yang rusak.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut