get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi Guncang Barat Daya Sinabang M3,5

Gempa M 4,3 Guncang Kabupaten Pidie Jaya Aceh, Begini Penjelasan BMKG

Senin, 04 Desember 2023 | 20:51 WIB
header img
Keterangan Foto: Ilustrasi gempa terkini magnitudo 4,3 mengguncang Pidie Jaya, Aceh, Senin (4/12/2023) malam. (Foto: ist)

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - Gempa terkini berkekuatan magnitudo (M) 4,3 mengguncang Kabupaten Pidie Jaya dan sekitaranya, Provinsi Aceh, Senin (4/12/2023) pukul 18.12 WIB.

Getaran gempa yang berpusat di laut tersebut dirasakan beberapa daerah.

Kepala Balai BMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho menerangkan, hasil analisis BMKG, menunjukkan bahwa gempa bumi itu berkekuatan M 4.3.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.23° Lintang Utara (LU) dan 96.21° Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 27 kilometer BaratLaut Kabupaten Pidie Jaya Aceh di kedalaman 11 kilometer.

Hendro Nugroho menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatera pada segmen Pidie.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi itu dirasakan di daerah Pidie Jaya, Pidie dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” kata Hendro.

Menurut Hendro Nugroho, daerah Bener Meriah dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Namun hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Hendro Nugroho.

Hingga Pukul 18.33 WIB, kata Hendro Nugroho, hasil monitoring BMKG menunjukkan, bahwa belum ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock).

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut