get app
inews
Aa Read Next : Viral di Media Sosial, Seorang Santri di Aceh Barat Diduga Disiram Air Cabai

Yayasan Darah untuk Aceh Gelar Diskusi Tingkatkan Kesahatan Anak di Aceh Barat

Selasa, 21 Mei 2024 | 17:38 WIB
header img
Yayasan Darah untuk Aceh Gelar Diskusi Tingkatkan Kesahatan Anak di Aceh Barat.(iNews / Afsah).

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.idYayasan Darah Untuk Aceh (YDUA) dan UNICEF perwakilan Aceh mendukung kegiatan diskusi peningkatan kapasitas Guru UKS, Guru BK Sekolah Sehat untuk skrinning Imunisasi dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di Kabupaten Aceh Barat, Selasa (21/5/2024).

Diskusi tersebut bertujuan sebagai sarana penguatan peran dan fungsi UKS di sekolah dalam meningkatkan capaian imunisasi dan pemantauan riwayat kesehatan anak sekolah di Kabupaten Aceh Barat.

Sekretaris Umum TP-UKS/M/D Kabupaten Aceh Barat, Bapak Drs Teuku Samsul Alam, MA mengatakan untuk menjadikan sekolah sehat, maka ada 5 kategori sehat yang perlu didukung oleh pihak sekolah, yaitu Sehat Gizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa dan Sehat Lingkungan.

Sehingga, kata Samsul, perlu peran aktif Guru Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan Guru Bimbingan Konseling (BK) dalam mendukung Gerakan Sekolah Sehat karena Pemerintah kabupaten Aceh Barat saat ini sangat serius dalam mengupayakan agar terciptanya sekolah/madrasah/dayah sehat.

Dinas Kesehatan Aceh Barat, melalui Ibu Seri Mawarni, Penanggung Jawab Program Imunisasi mengungkapkan bahwa cakupan BIAS di Kabupaten Aceh Barat ternyata tidak mencapai 50% dari jumlah anak sekolah di masing-masing sekolah.

Seri menambahkan, imunisasi merupakan salah satu upaya untuk menimbulkan kekebalan bagi anak sekolah secara aktif terhadap penyakit tertentu, jika capaian rendah maka tentu berdampak tidak terbentuknya sistem kekebalan kelompok.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Unicef dr. Dita Ramadonna, M.Sc, melihat bahwa imunisasi ini adalah bagian dari pemenuhan hak anak, setiap anak lahir di dunia sudah melekat hak-haknya termasuk juga hak hidup sehat, terhindar dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Melalui kegiatan diskusi ini, Dita berharap dapat mengoptimalkan peran UKS dan BK dalam melakukan pencatatan dan pemantauan Riwayat Kesehatan dan Riwayat Imunisasi anak sekolah dengan adanya Raport Kesehatan anak sekolah dan atau buku pencatatan pelaksanaan BIAS di sekolah.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut