Zona 3 Panwaslih Aceh Umumkan 288 Orang Lulus Seleksi Administrasi

Jamalpangwa
Zona 3 Panwaslih Aceh Umumkan 288 Orang Lulus Seleksi Administrasi.(Dok Ist).

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id -Tim Seleksi Calon Anggota Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Zona 3 Propinsi Aceh yang mencakupi Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Gayo Lues, Aceh Barat Daya dan Nagan Raya telah melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas persyaratan bakal Calon Anggota Panwaslih Periode 2023-2028.

Anwar Puteh, Ketua Timsel, yang diminta pendapatnya mengatakan bahwa nama-nama yang lulus hasil penelitian berkas administrasi bakal calon ditayangkan pada website panwaslih kabupaten/kota dalam zona 3, sebagai pengumuman resmi.

Sementara Taufik Abdullah, Sekretaris Timsel, mengatakan minat peserta untuk ikut seleksi cukup mengembirakan.

Calon peserta yang melakukan konfirmasi melalui tim seleksi mencapai 356 orang lebih, namun yang mendaftar 299 calon peserta.

Setelah dilakukan penelitian persyaratan berkas maka yang lulus seleksi administrasi sebanyak 288 orang calon.

Adapun komposisi calon peserta yang lulus seleksi berkas administrasi kabupaten/kota dalam zona 3 yang awak media ini terima adalah sebagaimana tabel berikut.

Taufik menjelaskan keterwakilan perempuan 30% tidak tercapai sebagaimana diharapkan, padahal telah dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran.

Terkait calon peserta batal mendaftar, menurut taufik disebabkan beberapa alasan, diantaranya; ada calon PNS gagal memperoleh izin atasan ditempat kerja, peserta gagal atau tidak mengupload berkas pada aplikasi setelah mendapat nomor registrasi, persyaratan yang banyak, dan calon perempuan tidak mendapat izin dari suami.

Sebenarnya, minat calon perempuan untuk ikut seleksi cukup tinggi, tapi karena syarat saat mendaftar berumur 30 tahun sehingga gagal mendaftar.

“Rata-rata calon perempuan berumur antara 22 tahun sampai 27 tahun ingin ikut seleksi, tapi karena aturan yang ketat soal umur timsel tidak bisa berbuat banyak”, demikian kata taufik.

Adapun nama-nama yang telah dinyatakan lulus penelitian berkas administrasi selanjutnya mengikuti Tes Tertulis pada tanggal 26 s/d 27 Juni 2023, pukul 08.00 s.d 16.00 WIB, bertempat di Banda Aceh dan Tes Psikologi pada tanggal 3 s/d 5 Juli 2023, pukul 08.00 s.d 16.00 WIB, bertempat di Banda Aceh.

"Jauh-jauh hari kepada peserta diwajibkan membuat makalah personal terkait kepemiluan dan integritas penyelenggaraan pengawasan pemilu, dan harus diserahkan sebelum mengikuti ujian tulis," kata Anwar Puteh.

Pelaksanaan seleksi yang kami laksanakan sampai tahapan ini telah mendapat pengawalan publik. Karena itu, kita tetap mendorong agar publik mengawasi jalannya seleksi ini.

Editor : Jamaluddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network