Wisata Religi ke Masjid Al-Aqsa Dihentikan, Turki Jadi Destinasi Alternatif Traveler Muslim

Rizka Diputra
Keterangan Foto :Hagia Sofia di Istanbul, Turki jadi destinasi alternatif traveler muslim imbas wisata religi ke Al-Aqsa, Palestina dihentikan sementara (Foto: Instagram/@manolyalizim)

GAZA, iNewsPortalAceh.id - Konflik yang melanda Palestina memaksa para agen travel tur dan umrah menghentikan paket wisata religi ke Masjid Al-Aqsa yang selama ini menjadi destinasi favorit jamaah umrah maupun traveler muslim.

Invasi militer Israel yang berambisi menduduki penuh wilayah Palestina membuat situasi di sana saat ini belum aman untuk dikunjungi.

Founder PT Setia Haramain Tour, Syed Mohd Naquib Al-Attas menjelaskan, perkembangan ibadah umrah dan wisata halal atau religi belakangan menjadi suatu kebutuhan para jamaah.

Terlebih dalam program tersebut, penyelenggara akan menjamin seluruh fasilitas halal, mulai dari penginapan, makanan, minuman serta terjaganya waktu salat.

Ia tak menampik jika ada dua wilayah yang menjadi destinasi wisata halal terfavorit traveler muslim yaitu Turki dan Palestina (Masjid Al-Aqsa).

Namun sayangnya, untuk Masjid Al-Aqsa saat ini terpaksa terhenti, kerena wilayah tersebut sedang berkonflik.

"Untuk saat ini, banyak jamaah yang memilih Turki, karena menang di sana ada pusat peradaban Islam juga," ujar Naquib dalam keterangan tertulisnya.

Adapun untuk destinasi ke Turki para traveler muslim akan dimanjakan sensasi luar biasa seperti mengunjungi Sultanahmet Mosque, Hagia Sofia,Traditional Turkish Delight Shop, Green Mosque and Tomb & Traditional Silk Market, Grand Mosque of Bursa, Famous Turkish, bermain salju di Gunung Erciyes (Musim Salju) & Naik Hot Balloon di Cappadocia dan Hierapolis Ancient City (Cotton Castle).

Tak hanya itu, wisata seperti Mevlana Mausoleum and Mosque, Turkish handicraft carpet manufacturer and jewelry production, Traditional Avanos Pottery Village, Underground City, Goreme Valley and Pigeon Valley, Uchisar Castle, Ataturk Mausoleum (Anitkabir), Bosphorus Cruise dan Grand Bazaar juga akan menjadi destinasi yang patut untuk dicoba.

Naquib juga menekankan pentingnya traveler muslim memilih destinasi ke Masjid Al-Aqsa, Palestina karena di sana umat Islam dapat mempelajari sejarah sekaligus menumbuhkan semangat rasa memiliki Masjid Al-Aqsa bagi kaum muslimin.

Sebab menurutnya, ada tiga masjid yang kaya akan sejarah Islam yaitu Masjidil Haram di Kota Makkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjid Aqsa di Palestina.

Terlebih Masjid Al-Aqsa tercatat dalam Alquran sebagai masjid tempat Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam naik ke langit ketujuh untuk menerima perintah salat dari Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam peristiwa Isra' Mi’raj.

"Namun sayangnya, untuk wilayah Al-Aqsa saat ini terhenti, kerena wilayah tersebut sedang berkonflik," imbuhnya.

Dirinya berharap, konflik di Palestina segera berakhir sehingga para jamaah umrah ataupun traveler muslim pada umumnya dapat kembali berkunjung ke tempat suci tersebut sambil mempelajari sejarah Islam.

Editor : Jamaluddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network