Kreatif,Warga di Aceh Kembangkan Inovasi Alat Pembakar Sampah Organik Hasilkan Biogas dan Pupuk Cair

Musriadi

BIREUEN, iNewsPortalAceh.id - Syukri warga Desa Cot Jrat, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Aceh berhasil mengembangkan inovasi alat pembakaran sampah organik yang di berinama Waste Pyrolisis Portable (biopas) yang di produksi melalui lembaga posyantek logitek beberapa waktu lalu.

Waste pyrolisis portabel ini memeliki fungsi dan manfaat untuk pembakaran sampah organic (karbonisasi) yang ramah lingkungan, maka atas hasil pembakaran, Termolisis dan Anaerobic, masing-masing jenis sampah dapat menghasilkan produk, Sampah organik menghasilkan pupuk organic padat, Biochar, asap cair (liquid smoke) yang dapat digunakan sebagai Pupuk organic cair dan pestisida organic.

Sampah plastic menghasilkan Bahan bakar minyak sintetis, baik jenis Kerosene, Gasoline dan Deisel, Limbah makanan, sayuran buah-buahan dan sejenisnya menghasilkan Biogas dan pupuk cair, Biogas yang dihasilkan atas pengoperasian alat ini digunakan sebagai sumber energy yang dibutuhkan pada reactor pembakaran dan thermal, Mengatasi pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh sampah.

Arfian Noer, praktisi pertanian dan pemerhati lingkungan mengatakan alat ini sangat ramah lingkungan, di karenakan saat pembakaran sampah di lakukan tidak menimbulkan asap yang bisa menyebabkan polusi udara di sekitar lingkungan dan dari hasil pembakaran sampah itu sendiri bisa menghasilkan pupuk cair yang bisa di gunakan oleh petani untuk tanaman mereka.

Dalam satu hari alat ini mampu membakar sampah sebanyak 150 kilo gram dan dapat menghasilkan pupuk cair sebanyak tujuh liter.

Faisal Wardana staf projecprofel PT PIM mengatakan selama ini sampah di kawasan komplek PT pim selalu di ambil oleh pihak dinas Kebersihan kota lhokseumawe, setelah menggunakan alat pembakar sampah Biopas ini.

Semua sampah dalam komplek ini sudah bisa di produksi dan bisa menghasilkan pupuk cair dan ini menjadi bentuk konsentrasi pihak pim dalam menjaga lingkungan sekitar dari sampah sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan segar.

Syukri perancang Biopas mengatakan biopas ini telah diminati dan digunakan oleh beberapa perusahaan termasuk PT. PIM di Lhokseumawe, Pengoperasian alat yang ramah lingkungan, sehingga tidak menimbulkan pencemaran asap atau zat beracun yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Alat tersebut juga mudah dioperasikan dan dimobilisasi, pengoperasian alat ini, menghasilakan produk yang bernilai ekonomis yang menjadi sumber pendapatan untuk biaya operasional.

Dapat mengkonversi sampah menjadi produk yang bernilai ekonomi (ekonomi sirkular) Biaya operasional yang sangat kecil atas pemanfaatan sebagian biogas dan minyak yang dihasilkan melalui alat ini digunakan sebagai sumber energy yang dibutuhkan pada reactor.

Produk Waste Pyrolisis Portable ini yang full set (gabungan dari semua custom set) dapat mengolah semua jenis sampah rumah tangga dan sampah lingkungan.

Produk Waste Pyrolisis Portable ini terbagi pada 3 (tiga) bagian sesuai masing-masing jenis sampah yang akan diolah, meliputi, Perangkat Biogas (Bioreactor) Alat degradasi anaerobic dengan menggunakan organisme anaerobic untuk mengubah biomassa dan materi organic menjadi biogas.

Perangkat Pirolisis (Karbonisasi) Alat dekomposisi termokimia bahan organic melalui proses pemanasan agar bahan organic dapat memecahkan struktur komia menjadi fase gas/Perangkat Pyrolisis (Destilator).

Alat dapat melakukan proses degradasi dengan melibatkan pasokan panas atau proses hidrokarbon yang memanfaatkan sampah plastic untuk menghasilkan Bahan bakar minyak (BBM) sintetis baik jenis Kerosene, Gasoline dan Deisel.

Editor : Jamaluddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network