Logo Network
Network

Terkenal Agamis, Janguet Menjadi Lokasi Penempatan Mahasiswa KKN Serumpun Melayu Ke-III Tahun 2022

Tim KKN Janguet
.
Rabu, 06 Juli 2022 | 17:02 WIB
Terkenal Agamis, Janguet Menjadi Lokasi Penempatan Mahasiswa KKN Serumpun Melayu Ke-III Tahun 2022
Terkenal Agamis, Janguet Menjadi Lokasi Penempatan Mahasiswa KKN Serumpun Melayu Ke-III Tahun 2022(Foto:istimewa)

ACEH JAYA, iNews.id - Gampong Janguet merupakan gampong yang terletak di Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, Indonesia.

Penduduk gampong Janguet terdiri kurang lebih sekitar 350 jiwa yang rata-rata bermata pencaharian sebagai nelayan, petani, dan beternak.

Lokasi Gampong Janguet cukup strategis karena terletak di sekitar pengunungan dan lautan. Tahun 2004, Gampong Janguet menjadi salah satu desa yang terkena dampak tsunami hebat Aceh, dimana banyak kerugian dan korban jiwa yang ditimbulkan dari kejadian tersebut.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Serumpun Melayu se-Sumatera merupakan kegiatan pengabdian dan pengembangan masyarakat yang diikuti oleh 16 PTKIN se-Sumatera, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menjadi tuan rumahnya tahun ini.

Mahasiswa yang ditempatkan di gampong Janguet terdiri dari beberapa PTKIN yang berbeda dari wilayah Sumatera ; yakni UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Muhammad Mirdasil Aslami, Muhammad Zikrillah, Salwa Athifah, Ansarullah), UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu (Jalilatur Robiah), IAIN Metro Lampung (Tiara Nur Mulyawati), UIN SYAHADA Padang Sidempuan (Ahmad Roy Suli), IAIN Langsa (M.Fauzi), UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi (Jemadin), dan UIN Raden Fatah Palembang (Rezka Pebrina Kusuma Putri).

Gampong Janguet terkenal akan keislaman dan juga adatnya, yang menjadi salah satu icon pembelajaran islam disini adalah Dayah Budi Mesja Lamno.

Selain itu, ada Taman Pendidikan Al-Quran yang berpusat di meunasah (musholla). Ada sekitar 30 santri TPA yang belajar disana setiap siang dan malam hari. Disana juga terdapat makam-makam para ulama Aceh yang menambah pesona religi desa Janguet.

Warga gampong Janguet juga sering mengadakan acara-acara keislaman seperti, majelis ta’lim, yasinan mingguan, dan Kenduri.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.