get app
inews
Aa Read Next : TNI Buka Jalan di Atas Pegunungan untuk Mudahkan Warga Angkut Hasil Kebun

Pemeliharaan Berkala Jalan Simpang Pertanian-Tutue Sirong Pidie Jaya Telan Anggaran Dak Rp6,6 Miliar

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 09:27 WIB
header img
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pidie Jaya, Orizal Safitri.ST.

PIDIE JAYA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) kembali melakukan pemeliharaan berkala jalan Simpang Pertanian-Tutue Sirong, Kecamatan Meureudu, Kabupaten setempat.

Kegiatan pemeliharaan berkala jalan atau rehabilitas jalan tersebut dengan nilai kontrak Rp6.628.167.467,- miliar dengan nomor kontrak 600/620-14/ sppk/dak/ Pijay/ VII/ 2022/ tanggal kontrak 01 Juli 2022, kini mulai di kerjakan.

Proyek dengan menelankan anggaran mencapai Rp6,6 miliar ini nantinya akan di kerjakan oleh CV.Markam Jaya, dengan sumber dana DAK reguler yang berlokasi di Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya.
 

Sementara itu Kadis PU Pidie Jaya, Orizal Safitri,ST, kepada iNews.id menyatakan bahwa proyek pemeliharaan jalan atau rehabilitas jalan simpang pertanian-tutue sirong ini yang akan di aspal dengan lebarnya sekitar 7 meter lebih dengan jenis aspal hotmix nantinya.

"Rencana nanti pekerjaannya dengan lebar jalan yang di aspal hotmix sekitar 7 meteran lebih, sedangan kiri kanan jalan memiliki satu meter bahu jalan, maka total lebar jalan sekitar 9 meter, dengan panjang pekerjaan mencapai sekitar 1,2 km," sebut Orizal Safitri, Jumat (19/08/2022).

Selain itu, proyek pemeliharaan jalan ini juga nantinya akan ada pembangunan saluran di kiri kanan jalan agar tak tergenangnya air di musim penghujan tiba.

"Pembangunan saluran juga ada nantinya di depan pertokoan kiri dan kanan jalan, agar tak tergenang nya air di musim hujan, semuanya mengunakan anggaran Dak tahun 2022 dengan nilai sekitar Rp6 miliar lebih dak," ujar Orizal.

Dia berharap, dengan adanya pekerjaan pemeliharaan jalan tersebut bisa terus meningkatkan perekonomian masyarakat Pidie Jaya khususnya kedepan.

"Dengan ada nya pekerjaan nantinya, penguna jalan di harap berhati-berhati, saat pelaksanaan pekerjaan proyek jalan itu berlangsung, karena waktu pekerjaan sampai bulan Desember 2022 nanti," tegasnya.

Selain itu, Orizal menyampaikan bahwa tahun 2022 ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pidie Jaya bisa mendapatkan kuncuran dana dak sekitar Rp40 miliar lebih.

Namun semua dana DAK itu di prioritaskan untuk pemeliharaan jalan dan jembatan yang tersebar di setiap Kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya, sebagai untuk pemerataan pembangunan untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Saat ini proyek sedang di mulai, kontrak rata-rata dari bulan 1 Juli 2022 kemarin," imbuhnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut