Gayo Lues Aceh Termasuk Dalam 12 Wilayah Indonesia dengan Suhu Paling Dingin

Azizah Refifa Aqsha
.
Jum'at, 23 September 2022 | 09:56 WIB
Keindahan Pergunungan Gayo Lues, Aceh, yang memiliki suhu udara yang sangat dingin. ( Foto : iNews/ Dosaino Ariga).

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Wilayah Indonesia dengan suhu paling dingin layak dijadikan destinasi wisata saat liburan tiba. Meski Indonesia memiliki iklim tropis, banyak daerah yang memiliki suhu dingin sepanjang hari.

Suhu di dataran tinggi memang relatif lebih dingin dibandingkan dengan suhu di dataran rendah. Hal ini disebabkan oleh tekanan udara yang rendah sehingga molekuler udara akan bergerak lebih lambat, sehingga tidak terjadi tabrakan antar molekul udara.

Wilayah Indonesia dengan Suhu Paling Dingin.

Dilansir dari laman BMKG, secara umum, kondisi suhu dingin dibeberapa wilayah Indonesia terjadi sebagai akibat dari adanya aliran massa udara dingin dan kering dari wilayah benua Australia yang dikenal sebagai aliran monsun dingin Australia.

Secara klimatologis, monsun dingin Australia aktif pada periode bulan Juni-Juni-Agustus, yang umumnya merupakan periode puncak Musim Kemarau di wilayah Indonesia selatan ekuator.

Kondisi suhu dingin tersebut akan lebih terasa dampaknya seperti di wilayah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah) ataupun daerah pegunungan lainnya dimana pada kondisi ekstrem dapat menyebabkan terbentuknya embun beku atau frost.

Berikut 12 Wilayah Indonesia dengan Suhu Paling Dingin.

1. Mulia, Papua.

Wilayah Indonesia dengan Suhu Paling Dingin pertama yakni Kota Mulia, Papua. Kota ini berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Berlokasi di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Kota Mulia menjadi salah satu wilayah Indonesia dengan suhu paling dingin.

Pada siang hari Kota Mulia memiliki suhu sekitar 15 derajat Celsius sedangkan pada malam hari bisa mencapai 9 derajat Celsius.

2. Waghete, Papua.

Masih di Provinsi Papua tepatnya di Kabupaten Deiya terdapat wilayah dengan suhu dingin selanjutnya. Kota waghete ketika siang hari memiliki suhu udara 15 derajat Celsius sedangkan di malam hari biasanya memiliki suhu hingga 10 derajat Celsius.

Jika berkunjung ke kota ini pastikan untuk menggunakan pakaian yang tebal ya!

3. Ciwidey, Bandung.

Kawasan Ciwidey Bandung, Jawa Barat salah satu wilayah di Indonesia dengan suhu dingin. (Foto: ist)

Kawasan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat cukup populer dikalangan masyarakat dengan objek wisata Kawah Putihnya. Selain terkenal karena objek wisatanya, Ciwidey juga dikenal memiliki suhu udara yang dingin.

Terletak di 1.200 meter di atas permukaan laut, Ciwidey sempat memiliki suhu udara mencapai 13 derajat Celsius.

4. Batu, Jawa Timur.

Kawasan Kota Batu, Jawa Timur. (Foto: ist).

Kota Batu merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki suhu dingin. Berada di ketinggian 700 hingga 1.700 meter diatas permukaan laut, Kota Batu memiliki suhu udara rata-rata 12 hingga 19 derajat Celsius. Tak Heran Jika kota ini dijuluki sebagai de Kleine Zwitserland atau Swiss kecil oleh orang Belanda zaman dulu.

5. Dieng, Jawa Tengah.

Objek wisata di Indonesia yang mirip dengan luar negeri dapat dijadikan alternatif untuk liburan. (Foto: wonosobokab.go.id).

Dataran tinggi Dieng di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah salah satu wilayah di Indonesia dengan suhu paling dingin. Bahkan, pada puncak musim kemarau suhu udara di Dieng bisa mencapai 0 derajat Celsius hingga memicu terjadinya embun beku atau fros. Dataran tinggi Dieng juga dikenal dengan sebutan Negeri di Atas Awan.

Sebutan Dieng lainnya sering diterjemahkan sebagai Kahyangan atau tempat bersemanyamnya para Dewa. Memang obyek wisata pegunungan ini menjajikan pemandangan alam yang memukau.

Hamparan hutan jati, kawah-kawah yang masih aktif, serta udara yang sejuk membuat kawasan obyek wisata berkesan damai dan tenang. Dataran tinggi Dieng terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Wilayah terbesar Dataran Tinggi Dieng milik Kabupaten Banjarnegara. Merupakan dataran paling tinggi di Jawa yang terletak pada ketinggian 2.093 m di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata 15 derajat Celcius pada siang hari dan 10 derajat Celcius pada malam hari.

Pada waktu musim kemarau, suhu dapat turun drastis di bawah titik nol derajat Celcius. Rendahnya suhu tersebut membekukan embun.

Menurut petani Dieng, kristal-kristal embun yang sering disebut embun upas sangat tidak bersahabat. Tanaman kentang dan kubis mereka terancam jika embun ganas tersebut datang.

Daya tarik wisata lain yang dapat dikunjungi misalnya kelompok Candi Hindu Pandawa, Telaga Warna dan Pengilon, Kawah Sikidang, Goa Semar, Mata Air Sungai Serayu, Proses Budidaya Jamur Merang.

6. Kawasan Bromo, Jawa Timur.

Kawasan Taman Nasional Bromo, Tengger Semeru di Jawa Timur merupakan salah satu wilayah di Indonesia dengan suhu paling dingin. Sama seperti Dieng, suhu ekstrem di Bromo bisa mencapai 5 derajat Celcius hingga memicu terjadinya upas atau embun beku.

Indonesia memiliki banyak gunung indah dan memukau, salah satunya Gunung Bromo Kawasan Bromo ini berada di empat kabupaten di Jawa Timur, yakni Pasuruan, Probolinggo, Malang dan Lumajang.

Selain berhawa dingin, Bromo juga menjadi destinasi utama dengan pemandangan alamnya yang sangat memesona.

7. Berastagi, Sumatera Utara.

Berastagi, Sumatera Utara (Wikipedia).

Kota Berastagi yang berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut ini terletak di antara gunung berapi aktif yakni Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Berlokasi di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Hal inilah yang menyebabkan berastagi memiliki suhu dingin. Tak heran Kota ini memiliki suhu rata-rata di bawah 20 derajat celcius.

8. Padang Panjang, Sumatera Barat.

Padang panjang menjadi salah satu wilayah yang paling dingin di Indonesia. Pasalnya, Kota ini dikelilingi oleh wilayah pegunungan seperti Gunung Marapi, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikat.

9. Ruteng, NTT.

Kota Ruteng, Nusa Tenggara Timur memiliki suhu udara yang dingin yaitu dengan rata-rata suhu 25 derajat celcius bahkan pernah mencapai suhu 10 derajat Celsius.

Kota yang sering disebut dengan Praha-nya Indonesia ini terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

10. Mamasa, Sulawesi Barat.

Mamasa, Sulawesi Barat Beralih ke Sulawesi Barat, terdapat kota Mamasa yang menjadi salah satu daerah yang memiliki suhu terdingin. Berada di ketinggian 1.900 mdpl, Kota Mamasa tak cuma menyuguhkan pemandangan yang indah.

Kota ini menyuguhkan hawa sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat Celsius.

11. Modoinding, Sulawesi Utara.

Wilayah Indonesia dengan suhu paling dingin berikutnya yakni Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Modoinding berada di dataran tinggi dengan pemandangan alamnya yang indah dan berhawa sejuk. Rata-rata suhu udara di kawasan agrowisata ini 22 derajar Celsius.

12. Gayo Lues, Aceh.

lokasi wisata air terjun Rerebe, Kabupaten Gayo Lues, Aceh. (Foto : iNews/ Dosaino Ariga).

Gayo Lues, Provinsi Aceh merupakan salah satu wilayah Indonesia dengan suhu paling dingin. Gayo lues berada di ketinggian 1.000 meter (dpl) dengan suhu rata-rata 19 derajat Celsius.

Salah satu destinasi wisata di Aceh ini juga menjadi jujugan para pecinta alam yang akan mendaki Gunung Leuser.

Selain itu, Gayo Lues juga memiliki kuliner khas yakni Kopi Gayo. Nah, itu tadi wilayah Indonesia dengan suhu paling dingin.

Pastikan untuk menyiapkan pakaian tebal jika berkunjung ke kota-kota ini ya!

Editor : Jamaluddin
Bagikan Artikel Ini