Logo Network
Network

KPU Umumkan Hasil Verifikasi Administrasi Parpol 14 Oktober

Felldy Utama
.
Jum'at, 30 September 2022 | 13:04 WIB
KPU Umumkan Hasil Verifikasi Administrasi Parpol 14 Oktober
Komisi Pemilihan Umum (dok. KPU)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id- Masa perbaikan dalam tahapan verifikasi administrasi partai politik calon peserta Pemilu 2024 telah selesai dilakukan. Selanjutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil verifikasi administrasi tersebut kepada publik pada Jumat (14/10/2022).

"Nanti pada tanggal 14 Oktober 2022, KPU akan menyampikan hasil verifikasi administrasi dan mengumumkan kepada publik," kata Anggota KPU, Idham Holik dikutip Jumat (30/9/2022).

Idham menyampaikan bahwa dalam pengumuman hasil verifikasi administrasi, KPU akan mengeluarkan status kepada parpol. Status itu memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS).

Bagi 9 partai politik yang berada di parlemen saat ini dinyatakan lolos dalam tahapan verifikasi administrasi, maka secara otomatis parpol tersebut sudah bisa menjadi peserta Pemilu 2024. Hal ini merujuk pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 55/PU/XVIII/20202.

"Selanjutnya bagi parpol non parlemen itu apabila dia memenuhi syarat maka akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu verifikasi faktual," ujarnya.

Idham menyampaikan, verifikasi faktual sendiri akan berlangsung pada tanggal 15 Oktober-4 November 2022 atau selama 20 hari kalender pelaksanannya.

"Pelaksanaan verifikasi faktual yang akan dilakukan oleh KPU RI yang melibatkan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Idndonsia," katanya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News

Bagikan Artikel Ini