get app
inews
Aa Read Next : PLN Tapaktuan Inspeksi Jaringan Jaga Kehandalan Pasokan Listrik

Peringatan Maulid Nabi, Menag Minta Umat Islam Teladani Rasulullah Jaga Kerukunan

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 08:53 WIB
header img
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW. (Foto Kemenag).

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta umat Islam meneladani Rasulullah SAW, termasuk dalam menjaga harmoni dan kerukunan. Hari ini peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Rasulullah telah memberikan praktik terbaik dalam membangun harmoni dan kerukunan masyarakat Madinah. Umat Islam hidup rukun berdampingan dengan kaum Yahudi dan Nasrani, dieratkan oleh Piagam Madinah," ujar Gus Yaqut dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (8/10/2022).

"Kerukunan adalah pra syarat pembangunan. Praktik baik yang diteladankan Rasulullah di Madinah, sepatutnya dicontoh umat Islam dalam membangun dan memajukan Indonesia di tengah keragaman masyarakatnya," ujar dia.

Menurut Gus Yaqut, dengan jumlah terbanyak, umat muslim Indonesia memiliki tanggung jawab besar menjaga harmoni Indonesia.

Bahkan, dunia melirik keberhasilan Indonesia dalam merawat kerukunan dan menguatkan moderasi beragama.

"Harmoni Indonesia adalah tugas kita bersama untuk merawat dan melestarikan. Tak ada bangsa yang maju tanpa kerukunan. Untuk itulah, harmoni adalah syarat utama laju pembangunan menuju pencapaian emas," kata Ketua Umum GP Ansor ini.

Dalam semangat Maulid, Menag juga mengajak umat muslim mendoakan para korban meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan Malang dan banjir di wilayah Jakarta Selatan, khususnya siswa-siswi MTsN 19 Jakarta.

"Semoga seluruh amal kebaikan mereka diterima dan semua dosa diampuni Allah SWT. Amin," katanya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut