get app
inews
Aa Read Next : Israel Disebut Sedang Berusaha Ubah RS Indonesia Gaza Jadi Kuburan Massal

Tanpa Cristiano Ronaldo, Portugal Disebut Main Lebih Indah di Piala Dunia 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 | 21:12 WIB
header img
Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

DOHA, iNewsPortalAceh.id - Mantan bek Timnas Portugal, Jose Fonte berpendapat kala rekan senegaranya, Cristiano Ronaldo tidak dimainkan sebagai starter di Piala Dunia 2022.

Baginya, permainan Selecao das Quinas -julukan Timnas Portugal- dinilai lebih kolektif dan lebih indah jika tanpa diperkuat eks megabintang Manchester United tersebut.

Tak heran jika Fonte menyebut Cristiano Ronaldo tidak dimainkan sejak awal maka Portugal bermain lebih sebagai tim.

Sebab, pemenang Ballon d'Or lima kali itu memulai kemenangan Selecao das Quinas 6-1 atas Swiss di babak 16 besar Piala Dunia usai masuk dari bangku cadangan.

Kala itu sebagai pengganti Ronaldo, Goncalo Ramos justru sukses mencetak hat-trick dan mencatatkan assist dalam performa yang gemilangnya.

Bahkan, situasi itu menyebabkan perdebatan besar tentang tempat kapten Portugal bagi Ronaldo di tim. Fonte yang merupakan bagian dari skuad awal Fernando Santos untuk Qatar sebelum didepak, sangat memuji penampilan Portugal saat melawan Swiss sebelum Ronaldo dimainkan.

Mantan bek Southampton dan West Ham United itu mengatakan bahwa permainan Portugal lebih kompak dan indah saat tak diperkuat Ronaldo.

"Ketika dia (Ronaldo) tidak ada di sana, Portugal bermain lebih sebagai tim dan itu terlihat (melawan Swiss). Mereka bermain dengan lancar, tanpa titik fokus tunggal, semua orang berkontribusi dan itu indah untuk dilihat," ungkap Fonte, dilansir dari Sportbible, Jumat (9/12/2022).

Kendati begitu, Fonte yang menjuarai Piala Eropa 2016 bersama Ronaldo, masih yakin bahwa pemain berusia 37 tahun itu bisa memainkan peran penting di Piala Dunia Qatar ini meski dimainkan sebagai pengganti.

Pemain LOSC Lille itu juga memberi motivasi kepada rekan senegaranya untuk melangkah jauh di Qatar dan memenangkan Piala Dunia pertama mereka.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut