get app
inews
Aa Read Next : Kejari Restorative Justice Perkara Penganiayaan dan Berujung Pengibaran Bendera Bulan Bintang

Iran Tangkap Artis Terkenal Pemenang Piala Oscar, Salah Apa?

Minggu, 18 Desember 2022 | 08:45 WIB
header img
Taraneh Alidoosti ditangkap pihak keamanan Iran. (Foto: AP Photo)

TEHERAN, iNewsPortalAceh.id - Pihak berwenang Iran menangkap salah satu aktris paling terkenal di negara itu. Dia ditangkap atas tuduhan menyebarkan kebohongan tentang protes nasional.

Taraneh Alidoosti, bintang film pemenang Oscar 'The Salesman', ditahan selama sepekan akibat postingannya di Instagram.

Dalam unggahannya, dia menyampaikan solidaritas kepada seorang pria yang sebelumnya dieksekusi mati oleh pemerintah Iran.

Menurut laporan yang dipublikasikan di saluran Telegram resmi media pemerintah, Alidoosti ditangkap karena dia tidak memberikan dokumen apa pun yang sesuai dengan klaimnya.

Dalam postingannya, aktris 38 tahun itu menulisan 'Namanya Mohsen Shekari. Setiap organisasi internasional yang menyaksikan pertumpahan darah ini dan tidak mengambil tindakan, adalah aib bagi umat manusia.' Shekari sendiri telah dieksekusi pada 9 Desember.

Dia didakwa oleh pengadilan Iran telah memblokir jalan di Teheran dan menyerang seorang anggota pasukan keamanan negara itu dengan parang.

Alidoosti juga telah membuat setidaknya tiga unggahan di akun Instagramnya yang menyatakan solidaritas dengan pengunjuk rasa sejak demonstrasi pecah pada bulan September.

Sementara itu, kini, akunnya yang memiliki sekitar 8 juta pengikut, telah ditangguhkan. Artis itu sebelumnya mengkritik pemerintah Iran dan kepolisiannya.

Pada Juni 2020, dia dijatuhi hukuman penjara lima bulan yang ditangguhkan setelah dia mengkritik polisi di Twitter pada tahun 2018 karena menyerang seorang wanita yang telah melepas jilbabnya.

Film-film lain yang dibintangi Alidoosti termasuk "The Beautiful City" dan "About Elly." Dilansir dari IRNA, sejumlah selebriti Iran juga dipanggil oleh lembaga keadilan setempat setelah unggahan konten yang dinilai provokatif.

Sayangnya, tak disebutkan siapa saja yang dipanggil rincian lainnya. Hengameh Ghaziani dan Katayoun Riahi, dua aktris terkenal lainnya di Iran, ditangkap oleh pihak berwenang.

Mereka juga ditangkap karena mengungkapkan solidaritas dengan pengunjuk rasa di media sosial. Namun keduanya telah dibebaskan.

Iran telah diguncang oleh protes sejak kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun pada 16 September.

Gadis itu yang meninggal setelah ditahan oleh polisi moralitas. Sejak itu, protes berubah menjadi salah satu tantangan paling serius terhadap teokrasi Iran yang dipasang oleh Revolusi Islam 1979.

Menurut Aktivis Hak Asasi Manusia di Iran, sebuah kelompok yang telah memantau protes sejak dimulai melaporkan, setidaknya 495 orang tewas dalam demonstrasi di tengah tindakan keras keamanan.

Selain itu, lebih dari 18.200 orang telah ditahan oleh pihak berwenang.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut