get app
inews
Aa Read Next : Kupiah Meukutop, Peci Khas Aceh yang Laris Manis Dibeli saat Ramadhan hingga Lebaran

Kenali 10 Upacara Adat dan Budaya di Tanah Rencong Aceh, dari Meuleumak hingga Peusijuek

Senin, 20 Februari 2023 | 08:18 WIB
header img
Pernikahan Roger Danuarta dan Cut Meyriska menggunakan adat Aceh. (Foto: Diera Bachir Photography)

Biasanya para pemuda juga memasak kuah beulangong, kuah daging dengan bumbu rempah-rempah yang dimasak dalam kuali besar.

Santri melantunkan zikir barzanji saat khanduri maulid Nabi Muhammad di Gampong Meunasah Pupu, Ulim, Pidie Jaya, Aceh.(Okezone.com/Salman Mardira).

Nah, kampung yang menggelar khanduri maulid akan turut mengundang warga kampung tetangga untuk datang makan-makan bersama sehingga tali silaturahmi antarkampung terjaga dengan baik.

Khanduri pang ulee atau maulid di Aceh juga diwarnai dengan penampilan lantunan zikir barzanji oleh para santri atau pemuda kampung. Pada malam harinya, masyarakat akan menggelar ceramah dengan mengundang pendakwah atau dai ke kampungnya.

Ritual Tulak Bala.

Masyarakat pantai barat selatan Aceh setiap tahun melaksanakan upacara Tulak Bala atau tolak bala. Upacara Tulak Bala bertujuan untuk menolak bala dan menjauhi diri dari segala musibah.

Meugang.

Meugang adalah tradisi membeli daging, memasak lalu memakannya bersama keluarga atau orang-orang tercinta setiap satu-dua hari menjelang bulan suci Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut